Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengajak seluruh awak media untuk ikut mempromosikan daerah setempat ke masyarakat luas sehingga daerah itu semakin dikenal dan banyak orang berkunjung atau menginap.

Ia menyatakan media tidak perlu mencitrakan dirinya sebagai kepala daerah, sebab yang paling penting mencitrakan daerah tersebut.

"Hampir semua kepala daerah mencitrakan diri, tapi saya tidak. Cukup citrakan Kota Magelang yang positif sehingga orang pada tahu Kota Magelang itu indah,” ujarnya dalam temu pimpinan daerah dan wartawan Kota Magelang di Hotel Atria Magelang, Kamis.

Dia menuturkan Kota Magelang masih perlu terus dipublikasikan, salah satunya dengan narasi yang ditulis para insan pers tentang Kota Magelang.

"Tulis Kota Magelang yang baik-baik, tentang keindahan, maka narasi wartawan ini yang dibutuhkan. Kota Magelang punya potensi yang hebat," katanya.

Baca juga: Dekranasda Kota Magelang mendorong kreativitas IKM di tengah pandemi

Temu pimpinan daerah dan wartawan inisiasi oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Magelang di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas Kabag Prokompim Tri Yamto Sutrisno. Hadir pada kesempatan itu, jajaran prokompim dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah, di antaranya Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Handini Rahayu, Kepala Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wawan Setiadi, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominsta) Suryantoro.

Acara dikemas santai dengan hiburan keroncong dan diakhiri makan bersama. Diselingi pula pembagian undian berhadiah kepada undangan yang beruntung.

Aziz mengatakan sejak menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Magelang dirinya telah bersilaturahim kepada lima kepala daerah di sekitar Kota Magelang. Kesempatan itu dipakai untuk mempromosikan Kota Magelang. 

Ia menyatakan keinginan seluruh jajarannya, masyarakat, termasuk awak media, untuk tidak malu menjadi "pemasaran" Kota Magelang.

Baca juga: Situasi pandemi, peringatan Hari Jadi Kota Magelang dikemas secara sederhana

Ia menyebut pentingnya mencintai daerah sendiri sebelum ke luar daerah karena Kota Magelang yang hebat berkat kerja semua jajaran dan masyarakat.

"Kita harus cinta dulu dengan Kota Magelang, kalau tidak cinta ya tidak dicintai juga sama orang lain. Magelang hebat bukan karena wali kotanya, tapi semua OPD dan masyarakatnya," ucapnya.

Wartawan senior Kota Magelang, Doddy Ardjono, mengungkapkan sejauh ini hubungan antara wartawan dengan Pemkot Magelang sudah berjalan baik, termasuk adanya kebersmaaan dalam kekeluargaan para wartawan yang bertugas di daerah itu.

"Mari jalin kebersamaan dengan wartawan untuk informasi positif dalam membangun Kota Magelang lebih maju, sehat, dan bahagia," ucap dia.

Dalam menjalankan tugas, katanya, wartawan selalu memegang teguh kode etik jurnalistik, menjalankan peranan sebagai kontrol sosial, dan mengkritisi kebijakan yang berdampak pada kepentingan publik. 

Baca juga: Kota Magelang ikuti verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya 2021

Pewarta : Hari
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024