Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis mengharapkan masjid bisa dijadikan tempat berdialog tentang banyak hal terkait dengan kemasyarakatan.

"Selain beribadah, masjid merupakan tempat yang bisa dijadikan tempat berdialog banyak hal tentang kemasyarakatan, kecuali berdagang," kata dia saat meresmikan Masjid Nurul Huda di Kompleks SMP Negeri 3 Kota Magelang di Magelang, Jumat.

Ia juga mengatakan tentang program Kampung Religi yang digaungkan Pemkot Magelang di mana program tersebut menjadi wadah masyarakat menyampaikan terkait dengan berbagai tempat ibadah yang kurang layak.

Tidak hanya tempat ibadah umat Islam, ujarnya dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang, akan tetapi juga agama lainnya.

"Nantinya untuk tempat ibadah, fasilitas air juga akan gratis. Mudah-mudahan masjid ini menjadi 'power' untuk kita berbuat baik dan jangan pernah merasa baik," kata dia.

Baca juga: Wawali Kota Magelang sebut nilai Isra Mikraj bisa diterapkan ASN

Terkait dengan Masjid Nurul Huda SMP Negeri 3 Kota Magelang, ia mengharapkan bermanfaat untuk ibadah tidak hanya civitas akademika tersebut, tetapi juga masyarakat sekitarnya.

"Selamat atas keberhasilan bapak/ibu membangun masjid, yang awalnya mushalla ini, tapi jangan sampai setelah dibangun nanti sepi jamaah. Saya berharap masjid ini nantinya benar-benar makmur," katanya.

Kepala SMP Negeri 3 Kota Magelang Nurwiyono menyampaikan Masjid Nurul Huda yang berkapasitas 300 orang ini dibangun dengan swadaya berbagai unsur masyarakat. Keberadaan masjid ini diharapkan mendukung pembentukan karakter siswa yang berakhlak mulia.

"Pembangunan masjid ini diharapkan agar siswa tidak hanya pandai tapi juga berakhlak mulia. Semoga nanti bisa terbentuk TPA dan lainnya, dengan sinergitas antara SMPN 3 dengan masyarakat sekitar sekolah," katanya.

Pada peresmian itu, hadir pula Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, Sekretaris Daerah Joko Budiyono, perwakilan dari Kementerian Agama Kota Magelang, takmir masjid, tokoh masyarakat dan agama sekitarnya.

Baca juga: Sigit Ingin Kota Magelang Punya Masjid Raya
Baca juga: Pemkot Magelang Hidupkan Tradisi Pasar Paingan Masjid Kauman

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024