Semarang (ANTARA) - BPJAMSOSTEK Cabang Grobogan menyerahkan santunan kematian sebanyak Rp42 juta kepada ahli waris perangkat Desa Belor Kecamatan Ngaringan yang meninggal dunia.

Penyerahan santunan dilakukan secara simbolis di Aula Kecamatan Ngaringan, Jumat (12/3) oleh
Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Grobogan Ida didampingi Sekretaris Kecamatan Ngaringan yang juga Kasi Kesejahteraan, Lasmin kepada Pusmiyati selaku ahli waris dari almarhum Supriyono yang merupakan perangkat Desa Belor Kecamatan Ngaringan.

”Sudah kami serahkan secara simbolis manfaat dari program jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris. Santunan berkala yang dibayarkan sekaligus Rp12 juta, biaya pemakaman Rp10 juta, dan santunan kematian Rp20 juta,” jelas Ida.

Penyerahan santunan tersebut, lanjut Ida merupakan contoh nyata adanya perlindungan bagi para peserta BPJAMSOSTEK.

"Pekerja, terlebih para pelaku usaha, baik penerima upah maupun bukan penerima upah sangat penting menjadi peserta BPJAMSOSTEK karena bisa memberikan perlindungan atas risiko-risiko yang terjadi dalam hubungan dengan pekerjaan dan menyejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya," kata Ida.

Ida berharap para pekerja yang ada di Kecamatan Ngaringan baik formal maupun informal dapat ikut serta menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan.

Ida menyebutkan ada 11 desa di Kecamatan Ngaringan yang semuanya sudah terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan dan harapannya untuk Bumdes yang ada di setiap desa juga dapat mengikut program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit Imron Fatoni menambahkan pihaknya berharap manfaat Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh penerima.

Baca juga: Hari Musik Nasional, BPJS Ketenagakerjaan berikan perlindungan musisi

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan siap hadapi tantangan pengelolaan jaminan sosial ketenagakerjaan

Kasi Kesejahteraan Lasmin dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas bantuan santunan kematian kepada ahli waris perangkat Desa Belor tersebut.

”Ini salah satu pelayanan yang positif. Apalagi dengan pembayaran iuran yang tidak begitu mahal tapi manfaat yang didapat luar biasa,” kata Lasmin.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024