Semarang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan Program Pertukaran Jurnalis (Journalist Exchange) sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas para awak media.

"Kita coba ada ujian semacam ini dan ada pelatihan sampai exchange, kalau bisa bertukar dan kita melihat pengalaman beberapa negara, harapan saya makin banyak orang melihat langsung apa yang terjadi dalam perubahan-perubahan. Ya bisnis medianya, ya jurnalistiknya," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2021 yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng di Semarang, Jumat.

Menurut Ganjar, peningkatan kompetensi atau kualitas bagi jurnalis sangat dibutuhkan, terutama untuk menyajikan informasi dan juga berita berimbang kepada masyarakat.

Baca juga: Semen Gresik dan PWI Jateng bersinergi gelar UKW

Oleh karena itu, kompetensi dan kualitas jurnalis harus terus diasah untuk mengikut perkembangan zaman yang terus berubah.
 
Diharapkan Program "Journalist Exchange" bisa dilaksanakan setelah berakhirnya pandemi COVID-19.

Pemprov Jateng pernah mengirimkan sejumlah jurnalis untuk mengikuti pelatihan di Singapura pada 2019 yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi jurnalis di Jateng tentang dunia jurnalistik di luar negeri.

Ganjar menegaskan Program "Journalist Exchange" merupakan komitmen dari Pemprov Jateng dalam mewujudkan awak media yang semakin profesional dan berkualitas.

"Dengan Program Journalist Exchange ini para wartawan tidak ketinggalan informasi dan juga mengembangkan kompetensinya untuk mengikuti setiap perkembangan yang terjadi," ujarnya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud menyambut baik usulan program yang akan disusun Pemprov Jateng tersebut karena program pendidikan untuk wartawan memang sangat dibutuhkan guna meningkatkan kompetensi dan kualitas para jurnalis di Jateng

"Ya harus terus, pokoknya kita rutin dan akan terus dilakukan. Dan ini menjadi program primadona, media-media memang harus kita dorong karena ini jawaban yang memang nyata untuk meningkatkan kompetensi kawan-kawan," katanya.

UKW 2021 atas kerja sama PWI Jateng dengan PT Semen Gresik diikuti 21 peserta, terdiri atas 15 peserta wartawan muda dan enam wartawan utama.(LHP)

Baca juga: Ganjar: Saya Orang yang Paling Senang dengan Adanya UKW
Baca juga: Ganjar: Wartawan Harus Kritis terhadap Pemerintah

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024