Magelang (ANTARA) - Sejumlah wisatawan dengan mengendarai mobil bernomor polisi luar wilayah Jawa Tengah kecele saat tiba di pintu gerbang masuk Taman Wisata Candi Borobudur karena objek wisata ini tutup pada 6-7 Februari 2021.

Berdasarkan pantauan di Magelang, Sabtu, di pintu gerbang utama masuk pengunjung menuju Candi Borobudur dipasang pengumuman ditutup sementara pada 6-7 Februari 2021.

Penutupan tersebut berkaitan dengan "Gerakan Jateng di Rumah Saja" sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah nomor 443.5/0001933. 

Para pengunjung yang datang tersebut rata-rata baru mengetahui jika objek wisata peninggalan wangsa Syailendra ini ditutup saat sampai di kawasan Candi Borobudur.

Guna menebus rasa kecewa tidak bisa masuk melihat dari dekat candi Buddha terbesar di dunia tersebut, para pengunjung hanya berfoto di bawah papan nama Taman Wisata Candi Borobudur yang berada di pintu masuk utama wisatawan.

"Kami datang dari Bengkulu, kebetulan lagi di Yogyakarta dan ingin berwisata ke Candi Borobudur, ternyata lagi tutup. Kami tidak tahu kalau hari ini tutup," kata Saidina (50) yang datang dari Bengkulu saat ditemui di pintu masuk Candi Borobudur. 

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan Taman Wisata Candi Borobudur mendukung kebijakan Pemprov Jateng "Gerakan Jateng Di Rumah Saja" pada 6-7 Februari 2021. 

Meskipun tutup, katanya, kegiatan pembersihan kawasan baik sarana dan prasarana tetap dilakukan. 

Selama penutupan, katanya, dilakukan pembersihan kawasan Candi Borobudur, termasuk membersihkan sarana dan prasarana protokol kesehatan yang ada. 

Ia menuturkan Candi Borobudur akan dibuka kembali pada Senin(8/2). ***1***
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024