Semarang (ANTARA) - Stasiun-stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop 4 Semarang belum memperoleh jatah penggunaan tes GeNose sebagai layanan pengecekan COVID-19 untuk pengguna kereta api jarak jauh.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro di Semarang, Minggu, mengatakan untuk sementara layanan pengecekan COVID-19 dengan GeNose C19 baru tersedia di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Yogyakarta mulai 5 Februari 2021.

"Untuk di wilayah Daop Semarang belum ada kepastian kapan akan tersedia," katanya.

Menurut dia, layanan tes COVID-19 sebagai syarat untuk perjalanan jarak jauh yang masih tersedia yakni tes cepat antigen.

Terdapat lima stasiun di wilayah Daop Semarang yang sudah menyediakan layanan tes cepat antigen, yakni Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Cepu, Tegal dan Pekalongan.

Ia menambahkan penggunaan GeNose C19 sebagai sarana deteksi dini untuk syarat melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta api diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2021.

Alat karya Universitas Gajah Mada Yogyakarta tersebut dinilai lebih murah, cepat dan akurat.

Penyediaan layanan GeNose di stasiun, lanjut dia, merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan serta wujud komitmen KAI untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi umum.

Selain itu, kata dia, penggunaan produk dalam negeri yang merupakan karya anak bangsa itu merupakan dukungan KAI pada kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakkan pemerintah pada masa pandemi COVID-19.


Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024