Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan pengembangan tanaman hortikultura di wilayah setempat guna mendukung peningkatan perekonomian lokal.

"Kami terus berupaya mengembangkan sektor pertanian, mengingat banyak sekali potensi pertanian yang ada di wilayah ini termasuk tanaman hortikultura," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu.

Bupati Budhi mengatakan bahwa tanaman hortikultura memiliki prospek yang cukup bagus dan hasil penjualan yang tinggi sehingga sangat potensial untuk dikembangkan.

Karena itu pihaknya mendorong para petani yang ada di wilayah setempat untuk terus mengintensifkan budi daya tanaman hortikultura.

"Harga jual komoditas hortikultura di pasaran pada saat ini sangat menarik dan dapat memberikan pendapatan yang cukup tinggi bagi petani sehingga perlu diintensifkan," katanya.

Menurutnya ada banyak komoditas tanaman hortikultura yang dapat dikembangkan di wilayah setempat, salah satunya adalah kentang.

"Kentang merupakan salah satu produk tanaman hortikultura yang sangat potensial untuk dikembangkan mengingat Banjarnegara adalah salah satu penghasil kentang di Jawa Tengah," katanya.

Banjarnegara, kata dia, juga memiliki ragam sumber daya genetik kentang lokal yang masih bisa terus dieksplorasi.

"Bahkan salah satu varietas kentang asli Banjarnegara, yakni kentang jenis Lampeng telah memperoleh sertifikasi dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah," katanya.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah, kata dia, menyebutkan bahwa Kentang varietas Lampeng asli Banjarnegara telah dinyatakan memenuhi semua unsur yang disyaratkan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, kata Bupati, pihaknya akan terus memasyarakatkan dan menyosialisasikan kentang Lampeng dari Banjarnegara.

"Ini membuktikan bahwa Kabupaten Banjarnegara adalah salah satu penghasil kentang yang memiliki ragam sumber daya genetik kentang, salah satu daerah penghasil kentang di wilayah ini adalah di kawasan dataran tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara," katanya.

Bupati juga mendorong kepada para petani agar nantinya kentang varietas Lampeng tersebut dapat menjadi alternatif pilihan dalam rangka pengembangan sektor pertanian yang lebih luas di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya.

"Kami mendorong para petani untuk menjadikan kentang jenis Lampeng sebagai alternatif pilihan dalam pengembangan yang lebih luas di wilayahnya masing-masing," katanya.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024