Semarang (ANTARA) -
Pengacara Henry Indraguna yang juga Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI) siap mengabdi ke masyarakat setelah dinyatakan lulus pelatihan dan sertifikasi konsultasi hukum serta pengacara pertambangan angkatan XI sebagai lulusan terbaik.

Dengan kelulusannya ini maka Henry berhak menyandang gelar CMLC (Certified Mining Legal Consultant) atau sertifikasi keahlian yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Adapun  pendidikan tersebut diadakan oleh PERKHAPPI (Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia)  yang bekerja sama dengan Justitia Training Center," kata Henry.

Pelatihan secara daring karena pandemi COVID-19 tersebut diikuti peserta dari berbagai perkumpulan yang mempunyai standar kompetensi konsultan hukum dan pengacara pertambangan di Indonesia.

Dari pelatihan tersebut, Henry mengaku banyak mendapat ilmu mengenai hukum pertambangan dan solusi menyelesaikan persoalan hukum di ranah pertambangan.

''Tujuannya untuk membantu masyarakat dalam bidang hukum, termasuk mereka yang kurang mampu namun tidak paham hukum dan butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut pertambangan,'' ujarnya.

Pengacara yang juga sedang mengambil Program Doktor Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Borobudur Jakarta ini juga dinyatakan telah lulus sejumlah pelatihan di bidang hukum.

Henry Indraguna dinyatakan lulus ujian kurator yang diselenggarakan oleh Himpunan Kurator dan Pengurus Indonesia (HKPI) pada 16 September 2020.

Baca juga: Berbagi pengetahuan dan bantu masyarakat paham peradilan, Henry Indraguna tulis buku

Selain itu, Henry Indraguna juga telah mengikuti pendidikan dan sertifikasi perpajakan brave A dan B dari IKHAPI Angkatan XV yang dilaksanakan dari 16-23 November 2020 melalui media "zoom meeting" dan dinyatakan lulus perpajakan.

Sebelumnya, Henry juga menulis sebuah buku yang berjudul "Memahami Tafsir Pasal Tindak Pidana Korupsi (Kaidah-Kaidah Hukum dan Doktrin-Doktrin)" untuk membantu masyarakat memahami peradilan tindak pidana korupsi, khususnya bagi kaum menengah ke bawah yang buta hukum, namun menghadapi persoalan hukum.

"Saya akan berjuang untuk rakyat. Ini mengingat hukum di Indonesia masih belum sepenuhnya berpihak ke rakyat kecil. Saya menyadari bahwa tidak semua orang paham tentang hukum, maka saya akan membantu yang membutuhkan,'' tegasnya.

Saat ini Henry Indraguna sedang mempersiapkan diri untuk maju sebagai wakil rakyat di DPR RI dari daerah pemilihan V Jawa Tengah (Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo).

"Sehingga nantinya, saya siap jadi wakil rakyat yang kompeten, termasuk ikut dalam menyelesaikan masalah hukum yang ada di tengah masyarakat," katanya.

Baca juga: Henry Indraguna target selesaikan studi doktor sebelum 2024

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024