Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Tetap disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto melalui Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar di Banjarnegara, Selasa.

Kapolres mengatakan bahwa pihaknya akan secara berkala melakukan patroli untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat telah berjalan dengan baik.

"Meskipun Operasi Lilin Candi yang diselenggarakan selama 15 hari, mulai dari 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 telah berakhir, namun patroli rutin akan terus dilakukan," katanya.

Polres Banjarnegara, katanya, juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta menyukseskan kegiatan Operasi Lilin Candi 2020 sehingga kegiatan berjalan aman dan lancar.

"Selama kegiatan Operasi Lilin Candi 2020 berjalan dengan aman dan lancar, tentu karena peran serta masyarakat," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan operasi kali ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

"Pasalnya penugasan personel di lapangan tidak hanya sebatas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga memastikan penerapan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan dengan benar," katanya.

Dia menambahkan bahwa selain menjaga kamtibmas, petugas di lapangan juga memantau pelaksanaan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru.

Dalam rangka penutupan Operasi Lilin Candi Pengamanan Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Banjarnegara juga telah menggelar bhakti sosial guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Layanan yang diberikan di antaranya layanan konsultasi kesehatan, layanan potong rambut gratis, layanan konsultasi seputar gawai dan lain sebagainya.
"Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat di wilayah setempat, dengan penutupan operasi lilin candi ini diharapkan kesadaran dan rasa disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan akan makin meningkat," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024