Cilacap (ANTARA) - Istri pekerja Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang tergabung dalam wadah Persatuan Wanita Patra (PWP) kembali memberikan bantuan pendidikan yang kali ini diperuntukkan bagi SD Patra Mandiri. 

Serah terima bantuan pendidikan tersebut berlangsung di Pos Sekuriti Komplek Perumahan Pertamina (Komperta) Gunung Simping, Cilacap, Rabu (30/12/2020), dengan menyesuaikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Bantuan senilai Rp7,5 juta diserahkan Ketua PWP Cilacap Ny Ezy Apriyanti Joko Pranoto yang diterima Kepala Sekolah SD Patra Mandiri Sri Mulyaningsih. 

Saat memberi sambutan, Ezy mengatakan bantuan tersebut merupakan program rutin PWP bidang pendidikan sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk sekolah, madrasah, maupun pondok pesantren tingkat SD hingga SMP yang ada di Kabupaten Cilacap. 

"Prioritasnya untuk lingkungan terdekat Pertamina, dan memang sudah masuk dalam rencana kerja kami. Adapun tujuannya untuk meringankan beban pembiayaan SPP anak-anak kurang mampu," katanya. 

Menurut dia, PWP berupaya untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam rangka gerakan penanggulangan kemiskinan khususnya pada bidang pendidikan. 

Baca juga: Jelang akhir tahun, Pertamina Cilacap gelar "Emergency Drill"

Oleh karena itu, kata dia, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberian beasiswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu. 

Ia mengatakan hal itu sejalan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2005-2025. 

"Kami turut berpartisipasi mendukung program pemerintah agar siswa dapat melanjutkan pendidikan mereka sampai minimal tamat sekolah menengah, jangan sampai mereka putus sekolah," katanya. 

Sementara itu, Kepala SD Patra Mandiri Sri Mulyningsih menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan oleh PWP Pertamina RU IV Cilacap.

Menurut dia, bantuan pendidikan tersebut akan segera diteruskan kepada siswa penerima. 

"Secara pribadi saya salut kepada PWP, yang telah berperan mendukung Program Indonesia Pintar (PIP)," katanya. 

Ia mengatakan pencapaian tujuan tersebut memang diperlukan langkah langkah proaktif lembaga dan institusi secara terkoordinasi dan terintegrasi, seperti PWP.

SD Patra Mandiri yang berada di lingkungan Pertamina RU IV sebelumnya dikenal dengan nama SD Pertamina ataupun SD YKPP. SD itu berdiri sejak tahun 1975 dan merupakan fasilitas pendidikan yang dikhususkan untuk keluarga pekerja. 

Seiring dengan bergulirnya waktu dan kebijakan perusahaan, SD Patra Mandiri bernaung di bawah payung Yayasan Patra Mandiri Cilacap dan dibuka untuk umum sejak tahun 2004.

Baca juga: Pertamina Cilacap catatkan rekor penyaluran Program Kemitraan terbesar
Baca juga: Pekerja milenial Pertamina Cilacap beradu tangkas dalam kompetisi E-Sport

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024