Cilacap (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap, Jawa Tengah, menyiagakan personel untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya warga yang merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021," kata Kepala KPP/Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya saat apel gelar pasukan di halaman KPP/Basarnas Cilacap, Jumat.

Terkait dengan hal itu, dia meminta seluruh personel Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru tersebut untuk aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR lainnya.

Baca juga: Polresta Surakarta kerahkan 550 personel amankan Natal dan Tahun Baru

Selain itu, kata dia, seluruh personel dan potensi SAR yang terlibat dalam kegiatan tersebut untuk selalu menjaga nama baik organisasi dan mengikuti prosedur yang ada.

"Tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi, dan militan. Utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendur dengan protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19," katanya mengutip amanat Kepala Basarnas RI Marsekal Madya Bagus Puruhito.

Lebih lanjut, Nyoman mengatakan hal lain yang perlu diperhatikan adalah performa personel Basarnas dan alat utama (alut) serta kesiapan dan kebersihan kendaraan beserta peralatannya.

Menurut dia, semua itu merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performa Basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan SAR.

"Dalam Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru ini, Basarnas Cilacap menyiagakan 30 personel yang ditempatkan di Cilacap," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan menyiapkan posko di Pantai Teluk Penyu Cilacap dan menyiagakan personel di tempat penyeberangan atau pelabuhan rakyat.

Selain melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru, kata dia, pihaknya juga menyiagakan personel untuk kegiatan operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan bantuan di bidang pencarian dan pertolongan (SAR).

Siagakan Operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan jasa di bidang SAR.

"Titik fokus Siaga SAR pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya di mana berkonsentrasi pada transportasi mudik Natal dan Tahun Baru seperti Bandara Tunggul Wulung, pelabuhan rakyat, dan tempat wisata yang ada di Cilacap," katanya.

Nyoman mengatakan dalam Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru, peralatan yang disiagakan, antara lain tiga unit RIB yang ditempatkan di Pelabuhan Sleko, lima unit mobil "rescue", dua unit "rescue truck", lima perahu karet, serta peralatan evakuasi. 

Baca juga: DPRD Batang ingatkan warga tidak gelar pesta Natal dan Tahun Baru 2021


 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024