Boyolali (ANTARA) - Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Boyolali, Dinas Kesehatan, polres, dan kodim setempat menggelar tes usap terhadap puluhan pengemudi angkutan umum atau bus sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 di Terminal Penggung, Rabu.

Tim gabungan juga memeriksa penumpang yang mempunyai gejala ke arah COVID-19 saat melintas di Terminal Penggung Kabupaten Boyolali menjelang liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Boyolali Ratri S. Survivalina mengatakan pemeriksaan kesehatan para pengemudi angkutan umum tersebut selama 16-19  Desember.

Baca juga: Temanggung masih menunggu hasil tes usap 1.453 sampel

Selain antisipasi penyebaran COVID-19, katanya, kegiatan itu juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas, meningkatkan keselamatan berkendaraan, sekaligus mengamankan liburan akhir tahun.

Ratri mengatakan para pengemudi angkutan umum yang melintas tersebut selain menjalani pemeriksaan dengan tes usap juga pemeriksaan kesehatan lain.

"Secara komplit pengemudi angkutan umum itu, selain diberiksan tes usap cepat antigen, juga diukur suhu badannya, tekanan darah, gula darah, dan antisipasi narkoba," katanya.

Paur Kesehatan Polres Boyolali Intan Sukmawati mengatakan tim gabungan melakukan tes usap terhadap para pengemudi angkutan umum di Terminal Penggung Boyolali selama empat hari mulai Rabu ini hingga 19 Desember mendatang.

"Kami juga melakukan pemantauan para penumpang yang ditemukan mempunyai gejala-gejala COVID-19 dengan pengukuran suhu badan dan cara tes usap cepat antigen, juga untuk tekanan darah, gula darah, dan nakorba," katanya.

Jika ada pengemudi bus yang ditemukan positif narkoba dari hasil tes urine, kata dia, akan ditindaklanjuti oleh Satuan Narkoba Polres Boyolali dengan pemeriksaan pengembangan.

"Jika ada pengemudi yang positif COVID-19 akan ditangani Satgas COVID-19 yang siap di lokasi untuk menangani, kemudian dipantau jika perlu dirujuk ke RSUD Pandan Arang Boyolali," katanya.

Baca juga: Pejabat Pemkot Magelang meninggal, seluruh pegawai bakal jalani tes usap
Baca juga: Tes usap masif di Magelang sasar 11.724 orang

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024