Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit IV Cilacap bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Cilacap menggelar bakti sosial berupa penyerahan bantuan bagi korban banjir di Desa Tarisi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di Balai Desa Tarisi, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Rabu (25/11), yang dihadiri dihadiri jajaran pejabat Forkopimcam dan undangan terkait.

Camat Wanareja Muhammad Nadjib menyatakan banjir di Desa Tarisi masih mengenangi tiga dusun, yakni Cikaronjong, Sidodadi, dan Rangkasan. 

Meskipun ketinggian air terus berkurang, kata dia, sebagian warga masih bertahan di pengungsian. 

"Masih ada sekitar 100 warga yang bertahan di tenda-tenda darurat pengungsian yang berlokasi di tanggul Sungai Citanduy," katanya.

Oleh karena itu, kata doa, pihaknya menyampaikan apresiasi atas kepedulian Kejari Cilacap, IAD Daerah Cilacap, dan Pertamina RU IV Cilacap kepada para korban bencana alam tersebut. 

"Mewakili warga Desa Tarisi, kami terharu sekaligus menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas bantuan ini," kata Nadjib.

Sementara itu, Kepala Kejari Cilacap Tri Ari Mulyanto mengatakan kedatangannya bersama rombongan ke Desa Tarisi adalah bukti kepedulian kepada sesama, khususnya warga terdampak banjir.

Baca juga: Tenaga ahli KSP tinjau proyek RDMP dan persiapan biorefinery di Pertamina Cilacap

"Kami datang bersilaturahmi, ingin melihat secara langsung warga yang terdampak banjir. Semata-mata karena ada rasa cinta kepada warga sesama," katanya.

Kajari juga berpesan agar warga tetap bersemangat menghadapi musibah tersebut, karena selalu ada pihak-pihak yang siap membantu dan berbagi. 

"Jangan berlarut dalam kesedihan, karena kami siap membantu. Tetap semangat dan semoga tidak pernah terulang lagi bencana ini di masa mendatang," katanya.

Ketua IAD Daerah Cilacap Murti Tri Ari Mulyanto mengharapkan bantuan yang dibawa dalam kesempatan bakti sosial tersebut bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban banjir. 

"Semoga bantuan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh warga dan membantu meringankan beban kesulitan yang dirasakan saat ini,” ucapnya.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan penyaluran bantuan dalam bakti sosial tersebut merupakan bukti kehadiran Pertamina yang bersinergi dengan pihak lain. 

"Pengurangan risiko bencana menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk Pertamina sebagai BUMN," katanya.

Sebelum kegiatan tersebut, kata dia, Pertamina juga sudah menyalurkan bantuan untuk korban banjir di wilayah Kecamatan Sidareja, Bantarsari, Gandrungmangu, Kroya, dan Nusawungu. 

Baca juga: VP Reability PT KPI pastikan keandalan kilang Pertamina Cilacap
Baca juga: Pertamina Cilacap serahkan APD untuk penggali kubur

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024