Magelang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang, Jawa Tengah, melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada Serentak 2020 di Gedung Panti Mandala Magelang.

Ketau KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron di Magelang, Senin, mengatakan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk memastikan bahwa surat suara yang akan dipakai nanti semua dalam keadaan baik.

Ia menyampaikan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara ini melibatkan 11 personel berasal dari warga Kota Magelang.

Baca juga: KPU: Persiapan logistik Pilkada Surakarta 90 persen

"Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai hari ini sampai Rabu (25/11), kegiatan berlangsung pada pukul 08.00-16.00 WIB," katanya.

Menurut dia, jumlah surat suara yang disortir dan dilipat sebanyak 96.065 lembar. Jumlah surat suara ini dengan asumsi jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Magelang sebanyak 93.609 orang ditambah surat suara cadangan 2,5 persen dari masing-masing TPS sehingga jumlahnya 96.065 lembar.

Basmar menyampaikan dalam proses sortir akan dilihat apakah surat suara ada yang sobek, ada yang kotor, ada yang berlubang, atau ada kerutan-kerutan dalam suarat suara, juga apakah ada semacam noktah hitam di dalam surat suara itu.

"Sekarang belum diketahui berapa surat suara yang tidak layak, karena belum direkap," katanya.

Ia menyampaikan surat suara yang sudah sesuai dan telah dilipat kemudian dibendel masing-masing 25 lembar.

Basmar mengatakan untuk kotak suara sudah dirakit pekan lalu. Jumlah kotak suara total ada 243 buah, yakni 233 untuk TPS, 9 untuk tingkat kecamatan dan 1 kotak suara untuk KPU.

Baca juga: KPU terima 1,2 juta surat suara Pilkada Kota Semarang 2020
Baca juga: KPU Purbalingga siapkan terpal antisipasi kendala distribusi logistik saat hujan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024