Banjarnegara, Jateng (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah terus menggiatkan sosialisasi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Seluruh jajaran di sektor kesehatan terus menggiatkan sosialisasi protokol kesehatan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr Latifah Hesty di Banjarnegara, Senin.

Dia menjelaskan sosialisasi mengenai pentingnya protokol kesehatan harus sampai ke seluruh lapisan masyarakat di wilayah ini.

"Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan agar Banjarnegara terbebas COVID-19," katanya.

Dia menambahkan kesuksesan penerapan protokol kesehatan membutuhkan peran aktif masyarakat sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Dengan demikian ayo bersama-sama tingkatkan disiplin protokol kesehatan. Ini wujud dan tekad kita semua untuk hidup sehat," katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengajak masyarakat untuk disiplin memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak.

"Disiplin menerapkan protokol kesehatan itu merupakan kunci utama dalam mencegah COVID-19 sehingga masyarakat harus mematuhinya dan menjadikannya gaya hidup," katanya.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono juga kembali meminta warga di wilayah setempat untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Saya meminta kepada seluruh masyarakat Banjarnegara agar saling meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, maka sektor kesehatan dan ekonomi akan dapat berjalan beriringan sehingga masyarakat dapat tetap sehat dan perekonomian juga tetap berjalan baik.

Dia juga mengajak warga untuk bersatu memerangi COVID-19 secara bijak dan penuh disiplin dengan mengedepankan semangat persatuan dan rasa kemanusiaan.

"Hal ini diharapkan dapat memberikan semangat bagi kita, pasalnya perjuangan yang kita laksanakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 sejatinya tidak kita pikul sendiri, melainkan selalu ada dukungan dari pihak lain," katanya.

Bupati menambahkan pihaknya terus berupaya optimal dalam penanggulangan COVID-19 di wilayah setempat.

"Pemerintah kabupaten terus berupaya optimal namun kami juga mengajak seluruh warga untuk ikut berperan aktif dalam upaya memutus mata rantai COVID-19," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024