Temanggung, Jateng (ANTARA) - Sekitar 1.000 sukarelawan dari berbagai organisasi atau kelompok masyarakat di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah siap diterjunkan untuk mengantisipasi bencana alam, terutama saat musim hujan saat ini.

"Jumlah personel untuk penanggulangan bencana sekitar 1.500 orang, yakni 500 personel dari BPBD, Satpol PP, TNI, dan Polri. Kemudian sekitar 1.000 orang dari relawan," kata Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo di Temanggung, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut usai apel siaga penanggulangan bencana alam 2020 di Polres Temanggung.

Ia menuturkan para relawan tersebut tercatat dari 43 organisasi/kelompok di bawah binaan BPBD Kabupaten Temanggung yang selalu siap membantu dalam penanganan kebencanaan.

Ia mengatakan bencana yang sering terjadi di Kabupaten Temanggung, antara lain puting beliung dan tanah longsor.

"Dengan intensitas hujan yang akhir-akhir ini sudah cukup tinggi ada beberapa tempat seperti di Tembarak sempat terjadi puting beliung dan Jlegong, Kecamatan Bejan terjadi tanah longsor," katanya.

Baca juga: Temanggung bakal miliki lima pos siaga antisipasi bencana alam

Ia berharap, apel siaga kebencanaan ini dijadikan momentum untuk meningkatkan sinergitas terkait dengan tugas-tugas kemanusiaan dan tanggap bencana.

Terkait dengan penanggulangan bencana, katanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni prabencana situasi saat belum/tidak terjadi bencana tidak boleh lengah dengan kondisi tersebut.

"Meskipun dalam kondisi aman, kita perlu mengantisipasi melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana yang baik sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana," katanya.

Dalam mengantisipasi bencana, katanya, perlu pengaktifan pos-pos siaga bencana dengan segenap unsur pendukungnya. Di setiap kecamatan dikoordinasikan oleh aparat muspika untuk membuat pos-pos di setiap kecamatan bahkan di desa pun untuk digiatkan kembali pos kamling yang ada.

Selain itu, perlu pelatihan atau simulasi penanganan bencana dan penanggulangan bencana yang melibatkan unsur SAR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan prasarana dari DPU. 

Baca juga: Temanggung bentuk 10 posko darurat bencana
Baca juga: Latih kesiapan anggota, Kodim 0706/Temanggung gelar gladi penanganan bencana alam

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024