Batang (ANTARA) - Kementerian Perhubungan mengalokasikan bantuan sebanyak 100 unit penerangan jalan umum (PJU) kepada Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah,' kata Kepala Bidang lalu Lintas Dishub Kabupaten Batang Hery Priyo Pratomo.

"100 unit PJU itu akan dipasang di jalan pantura mulai depan PT Primatexco hingga Polsek Subah atau sepanjang 20 kilometer," katanya di Batang, Selasa.

Hery mengatakan bahwa bantuan seratus unit PJU itu sebagai bentuk dukungan Kemenhub pada Pemkab Batang menyusul tengah menggeliatnya pertumbuhan industri di wilayah setempat.

Semula, kata dia, Dishub telah mengajukan usulan bantuan PJU dapat dipasang mulai jalur pantura depan PT Primatexco hingga Polsek Gringsing atau sekitar 50 kilometer tetapi hanya dialokasikan seratus unit PJU yang hanya dapat dipasang mulai PT Primatexco hingga Polsek Subah.

Menurut dia, seratus unit PJU akan menggunakan tenaga listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) bukan dari tenaga surya.

"Ya, bantuan PJU dari Kemenhub ini akan mengandalkan tenaga listrik dari PLN. Berbeda dari sebelumnya yang menggunakan tenaga surya," kata Hery.

Ia mengatakan saat ini proses pemasangan PJU terus dilakukan oleh Dishub dengan menyambungkan aliran listrik dari PLN.

"Kami menargetkan pemasangan PJU ini sudah dapat difungsikan pekan depan karena saat ini tinggal menyisakan pemasangan kabel untuk arus listrik dari PLN. Adapun biaya tagihan rekening akan ditanggung oleh Pemkab Kabupaten Batang," katanya.

Ia menambahkan saat ini kondisi PJU di sepanjang jalan pantura Batang sudah banyak yang sudah rusak sehingga kondisi jalan pada malam hari akan gelap dan rawan kecelakaan.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024