Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang meminta warga memelihara hasil kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun Anggaran 2020 agar bermanfaat dalam waktu lama untuk mendukung peningkatan kesejahteraan mereka.

"Pesan untuk masyarakat agar kegiatan fisik yang sudah dibangun harap dipelihara dengan baik supaya awet dan bermanfaat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono setelah penandatanganan laporan hasil TMMD di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang di Magelang, Rabu.

Kegiatan TMMD Ke-109 pada 2020 yang dimulai sejak 22 September lalu berlangsung di RT04/RW22 Kelurahan Jurangombo Utara, Magelang Selatan, Kota Magelang, sedangkan acara seremonial baik pembukaan maupun penutupan tidak di lapangan, melainkan di kompleks markas kodim setempat dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Penutupan kegiatan itu, melalui penandatanganan laporan hasil TMMD oleh Sekda Joko Budiyono mewakili Wali Kota Sigit Widyonindito bersama Komandan Kodim 0705/Magelang selaku Komandan Satuan Tugas TMMD Letkol Czi Anto Indriyanto.

Ia menyampaikan apresiasi atas hasil kegiatan TMMD yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kegiatan ini wujud sinergi TNI, Pemkot Magelang, dan masyarakat yang harus dipertahankan," kata Joko dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang.

Perwira Koordinator Pelaksana TMMD, Lettu Kav. Sriyanto, melaporkan hasil kegiatan fisik TMMD ke-109, meliputi pembuatan talud jalan dengan total 34 meter, tinggi 2-6 meter, lebar atas 0,3 meter, dan lebar bawah 0,8-1 meter. Kegiatan nonfisik berupa bimbingan teknis pra-TMMD, penyuluhan, serta bakti sosial pembagian 50 paket sembako kepada warga sekitar lokasi kegiatan TMMD.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto mengatakan TMMD Ke-109 pada 2020 bertema "Pengabdian Untuk Negeri" yang maknanya pengabdian bersama pemerintah daerah dan masyarakat untuk secara bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial.

"Untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Ia juga mengemukakan pentingnya memelihara semangat kebersamaan TNI dan rakyat, serta memelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya.

"Yang selanjutnya pelihara hasil TMMD akan bermanfaat dan dapat dinikmati warga dalam kurun waktu yang cukup panjang," katanya.

Baca juga: TMMD Kota Magelang bangun saluran irigasi
Baca juga: Di Kota Magelang, TMMD bangunkan talud pencegah longsor
Baca juga: Wakil Wali Kota: hasil kegiatan TMMD bermanfaat untuk warga

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024