Magelang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengatakan berbagai hasil kegiatan fisik dan nonfisik dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III/2019 bermanfaat untuk meningkatkan kemajuan kota dan masyarakat setempat.

”Kami sangat mengapresiasi kegiatan TMMD ini benar-benar sangat membantu masyarakat karena kegiatan berupa infrastruktur dan nonfisik. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berjalan," katanya di Magelang, Kamis. 

Ia menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI yang terus berkomitmen membantu pembangunan daerah melalui Program TMMD. 

Penutupan Program TMMD Sengkuyung III/2019 tingkat Kota Magelang dilaksanakan di Lapangan MAN 1 Kota Magelang ditandai dengan penyerahan kembali alat kerja oleh perwakilan warga kepada Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 072/Pamungkas Kolonel (Arm) I Made Gede Antara yang pada kesempatan itu bertindak selaku inspektur upacara.

Program TMMD Sengkuyung III berlangsung sejak 2 Oktober 2019 dilaksanakan di Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatang, Kota Magelang, meliputi kegiatan fisik dan nonfisik.

Kegiatan fisik berupa pembangunan talud makam sepanjang 90 meter, sedangkan nonfisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang Kartu Indonesia Sehat (KIS), penyuluhan tentang hak dan kewajiban peserta BPJS, dan penyuluhan tentang e-KTP. Total anggaran TMMD Sengkuyung III mencapai Rp360.128.000.

Made Gede Antara saat membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochammad Effendi dalam penuntupan TMMD itu, mengatakan tentang pentingnya terus dipupuk semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Selain itu, katanya, memelihara semangat gotong rotong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. 

Ia juga berpesan kepada komandan satgas TMMD agar menjalin terus hubungan dengan masyarakat dan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD. 

"Tujuan utama TMMD ini adalah terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat, termasuk juga dengan Pemerintah Kota Magelang. Pada dasarnya, TNI ikut Pemerintah Kota Magelang membantu mempercepat pembangunan di Kota Magelang," katanya. (hms).

Baca juga: Wali Kota Magelang minta warga tinggalkan kebiasaan BAB sembarangan
Baca juga: Anggaran TMMD Sengkuyung II di Kota Magelang capai Rp360 juta

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024