Wonosobo (ANTARA) - Personel Kodim 0707/Wonosobo, Jawa Tengah, melakukan patroli tertib masker untuk membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sejumlah personel Kodim 0707/Wonosobo, Minggu, mengendarai sebuah mobil dengan pengeras suara berkeliling kota Wonosobo mengimbau masyarakat untuk selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat mengatakan patroli tertib mengenakan masker dilakukan di wilayah perkotaan khususnya di tempat keramaian seperti alun-alun, pasar, dan pusat pertokoan.

Ia menyampaikan patroli berupa imbauan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan ini dilakukan secara persuasif dengan mengedepankan sisi kemanusiaan.

Menurut dia, imbauan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker harus terus dilakukan mengingat bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya memakai masker jika keluar rumah.

"Hal ini dibuktikan setiap operasi masih ditemukan orang yang terkena razia," katanya.

Baca juga: Pemkab Wonosobo kembali berlakukan jam malam antisipasi COVID-19

Ia menuturkan kegiatan patroli sebagai imbauan sekaligus mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan COVID-19
.
Menurut dia, patroli tersebut dilakukan oleh TNI sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang diteruskan Panglima TNI ke jajarannya.

Dandim berharap segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah hendaknya didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dalam bulan ini Kurva epidemiologi COVID-19 di Wonosobo terus mengalami kenaikan.

Ia mengatakan target kegiatan ini agar semua masyarakat memakai masker dan dipakai secara benar, rajin mencuci tangan pakai sabun atau cairan pencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Ia berharap semua komponen ikut menyampaikan informasi yang edukatif kepada masyarakat, agar mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan demi kesehatan bersama.

Baca juga: Sebanyak 59 pasien COVID-19 di Wonosobo sembuh

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024