Semarang (ANTARA) -
Sejumlah kepala sekolah di Provinsi Jawa Tengah mengeluhkan sulitnya melakukan pengadaan komputer melalui elektronik katalog (e-katalog) di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Saya dapat laporan dari beberapa kepala sekolah di Jawa Tengah bahwa mereka tidak bisa melakukan pengadaan komputer karena sistem di e-katalog LKPP tidak bisa diakses," kata anggota Komisi X DPR Republik Indonesia A.S. Sukawijaya melalui keterangan pers yang diterima Antara di Semarang, Jumat.

Legislator yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu berpendapat seharusnya hal tersebut tidak terjadi saat pandemi COVID-19, apalagi komputer juga dibutuhkan saat pembelajaran jarak jauh.

Politikus Partai Demokrat itu juga mendorong pihak terkait seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan LKPP agar segera menyelesaikan permasalahan ini.

"Mengingat komputer itu sangat penting untuk sekolah, pihak terkait harus segera menyelesaikan masalah ini. Ini juga demi penyerapan anggaran supaya tidak terjadi masalah kedepannya," ujarnya.

Yoyok juga menyayangkan apabila keluhan sejumlah kepala sekolah di Jateng yang kesulitan melakukan pengadaan komputer karena adanya pembaruan sistem di tengah tahun.

"Kalau itu disebabkan oleh pembaruan sistem, hal ini harusnya tidak terjadi. Pembaruan sistem jauh lebih efektif dilakukan di awal tahun supaya tidak menganggu kegiatan yang sudah direncanakan sehingga berimbas kepada kegiatan belajar mengajar," katanya.
 
 

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024