Semarang (ANTARA) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi menegaskan anggota yang akan bertugas selama Operasi Patuh Candi 2020 harus mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi COVID-19 sebelum menertibkan masyarakat saat di lapangan.

"Sebelum menertibkan masyarakat, anggota Polrinya harus tertib dulu. Terapkan protokol kesehatan," kata Kapolda Jawa Tengah dalam siaran persnya di Semarang, Kamis.

Ia menyebut ada 13 langkah yang harus dipenuhi petugas sebelum melaksanakan tugasnya, antara lain menggunakan masker, menggunakan sarung tangan, menggunakan pakaian lengan panjang, dan sebagainya.

Operasi Patuh Candi 2020 yang akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 5 Agustus nanti akan menjadi salah satu sarana untuk menyosialisasikan protokol kesehatan COVID-19 di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Dalam rangka menertibkan masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru," katanya.

Selain aspek keselamatan berlalu lintas, kata dia, petugas juga menyampaikan aspek preventif, preemtif, dan humanis tentang pentingnya protokol kesehatan.

"Pengendara yang tidak memakai masker atau helm akan kami ingatkan," katanya.

Ia mengatakan 2.600 personel dari tingkat polda hingga polres di berbagai wilayah akan diterjunkan dalam pelaksanaan operasi ini.

Selain menyosialisasikan tentang pentingnya protokol kesehatan, lanjut dia, para anggota yang bertugas juga harus memenuhi protokol serupa sebelum turun ke lapangan.

Baca juga: Kapolda Jateng lakukan panen raya padi di Pemalang

Baca juga: Kapolda Jateng dan Pangdam panen 5,4 ton ikan dan udang

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024