Semarang (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ikut berkontribusi melawan COVID-19 dengan menyerahkan bantuan berupa APD untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta berupa alat pelindung diri berupa surgical mask, masker, surgical gown dan coverall, peralatan medis ke sejumlah rumah sakit dan paket sembako serta alat kebersihan untuk masyarakat dan komunitas seniman di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta senilai lebih dari Rp380 juta.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) II BCA Gunawan Prayogo kepada Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang dr Agoes Oerip Poerwoko, SpOG(K), MARS dan Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum drg Sri Yuniarti Rahayu, SpKG, MARS di RSUP Dr Kariadi pada tanggal 13 Mei 2020.

Alat-alat penunjang tenaga medis lainnya disalurkan secara bertahap ke sejumlah rumah sakit di antaranya RS Sardjito, RS Panti Rapih Yogyakarta, RS Katolik Jateng, melalui Keuskupan Jawa Tengah, RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang, RSUD Wates Yogyakarta, RSI Banjarnegara, RSUD Dr Tjiptowardojo Purworejo, RSUD Djoyonegoro Temanggung, FKKMK UGM Instalasi Kesehatan Anak RSUP Dr Sardjito Yogyakarta juga pemerintah daerah di Pekalongan.

Pada kesempatan yang sama, paket sembako dan alat kebersihan juga diserahkan kepada komunitas seniman Jawa Tengah dan DI Yogyakarta di bawah naungan Yayasan Sang Pamarta Indonesia, sejumlah pengurus desa binaan Bakti BCA dan masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi di sekitar Kantor Wilayah II BCA.

“Pemulihan dan kebangkitan kembali masyarakat Indonesia di tengah pandemi COVID-19 saat ini menjadi harapan besar untuk diwujudnyatakan. BCA yang dekat dengan masyarakat tentunya ingin ambil bagian dalam perwujudan harapan tersebut. Oleh karena itu, kali ini kami berinisiatif membangkitkan kembali semangat masyarakat Jawa Tengah & Yogyakarta dengan menyerahkan bantuan berupa peralatan medis ke sejumlah rumah sakit dan paket sembako serta alat kebersihan,” kata Gunawan.

Sejak Maret 2020, BCA konsisten menyerahkan donasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam rangka penanganan COVID-19 berupa perlengkapan medis dan ventilator kepada sejumlah rumah sakit serta paket sembako untuk masyarakat dan hingga saat ini, total yang telah didonasikan BCA untuk penanganan COVID-19 di Indonesia mencapai hampir Rp18 miliar.

Baca juga: BCA donasikan alat medis untuk pasien dan tenaga kesehatan
EVP CSR BCA Inge Setiawati menambahkan BCA secara berkesinambungan akan mendampingi pemerintah, tim medis, serta masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini.

"Bantuan kepada beberapa daerah yang terdampak di Indonesia kami salurkan secara bertahap. Penyaluran bantuan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan target penerima, sehingga apa yang kami salurkan benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi yang membutuhkan," tutup Inge.
Baca juga: BCA ubah jam operasional kantor

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024