Banyumas (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas kembali menggelar bakti sosial dalam rangka Hari Bhayangkara Tahun 2020 dengan membagikan paket sembako untuk warga terdampak COVID-19 di sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dipimpin Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka itu menyasar warga terdampak COVID-19 yang belum pernah menerima bantuan sejenis dari pemerintah di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, dan Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Jumat.

Selain dari Polresta Banyumas, bantuan paket sembako yang dibagikan kepada warga tersebut juga berasal dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah melalui Sekolah Polisi Negara Polda Jateng (SPN Purwokerto, red.) yang diserahkan secara langsung oleh Kepala SPN Purwokerto Kombes Pol Didi Hardi Sopandi.

Saat ditemui wartawan di Desa Kemutug Lor, Kapolresta mengatakan bakti sosial tersebut digelar Polresta Banyumas dan SPN Purwokerto dengan melibatkan komunitas "offroad" dan anggota TNI.

"Lokasi pembagian (paket sembako) ada dua titik, di sini (Desa Kemutug Lor, red.) dan Desa Limpakuwus dengan sasaran warga terdampak COVID-19 khususnya orang-orang yang belum menerima bantuan," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya melalui Bhabinkamtibmas dan pemerintah desa setempat lebih dulu mendata warga terdampak COVID-19 yang belum pernah menerima bantuan dari pemerintah sebelum menyerahkan paket sembako tersebut.

Hal itu dilakukan karena bantuan dari pemerintah tidak bisa mengakomodasi seluruh warga terdampak COVID-19 sehingga perlu adanya gotong royong dari berbagai pihak termasuk Polresta Banyumas dan SPN Purwokerto untuk ikut serta memberikan bantuan.

Terkait dengan penyaluran bantuan untuk warga Limpakuwus, dia mengatakan, desa tersebut termasuk daerah terpencil dengan medan yang cukup berat sehingga pihaknya menggandeng komunitas "offroad" agar bisa menjangkau wilayah yang berada di lereng Gunung Slamet itu.

"Di Kemutug Lor, kami membagikan sekitar 70 paket sembako, sedangkan di Limpakuwus sekitar 60 paket sembako," katanya.

Sebelumnya, Polresta Banyumas bersama SPN Purwokerto juga memberikan bantuan berupa paket sembako dalam rangka Hari Bhayangkara Tahun 2020 untuk warga terdampak COVID-19 di Desa Kebumen dan Rempoah, Kecamatan Baturraden, serta Desa Sumbang, Kecamatan Sumbang.

Selain itu, seluruh Kepolisian Sektor di wilayah hukum Polresta Banyumas juga memberikan bantuan sejenis untuk warga terdampak COVID-19 di daerah masing-masing.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024