Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akan mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 15 Juni mendatang.

"Sebagai wujud kesiapan pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020, KPU Purbalingga akan mengaktifkan kembali PPK dan melantik PPS pada 15 Juni 2020 yang sebelumnya sempat kami hentikan pada bulan Maret 2020," kata Komisioner KPU Purbalingga Andri Supriyanto di Purbalingga, Minggu.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya siap melaksanakan pilkada 9 Desember 2020 sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Pilkada bisa ditunda bila gagal penuhi syarat yang diajukan KPU

"Pada awalnya pilkada akan dilaksanakan pada 23 September 2020, karena pandemi COVID-19 sehingga KPU RI menunda tahapan melalui Surat Keputusan Nomor 179 Tahun 2020 dan SE Nomor 8 Tahun 2020," katanya.

Dia menambahkan bahwa tahapan pelaksanaan pilkada di wilayah setempat akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Tahapan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi ini tentu harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, dan kita semua harus optimis melaksanakan pilkada dengan jargon pilkada sehat kita selamat," katanya.

Dia berharap tahapan persiapan hingga pelaksanaan pilkada di wilayah setempat akan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berarti.

Sebelumnya dia juga mengatakan bahwa pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen lebih.

Dia menambahkan untuk mencapai target tersebut maka pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada.

"Harapan KPU untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Purbalingga yakni mari sukseskan Pilkada Purbalingga dan gunakan hak suara," katanya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya mengajak masyarakat untuk memahami calon pemimpin yang akan dipilih.

"Tentu sebagai pemilih harus memahami calon pemimpin, yang kredibel dan berintegritas sehingga bisa mengemban amanah sebagai pemimpin Purbalingga.

"Mari bersama-sama menyukseskan pilkada, sukses pilkada adalah sukses kita semua. Pemilih berdaulat negara kuat," katanya. 

Baca juga: Bawaslu Surakarta optimalisasi penggunakan anggaran Pilkada 2020


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024