Semarang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV (MOR IV) telah menyalurkan bantuan selama masa pandemi COVID-19 hingga Kamis (7/5) senilai Rp1.566.154.500 untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

PJS General Manager PT Pertamina (Persero) MOR IV, Teuku Johan Miftah menjelaskan bantuan yang telah disalurkan dalam berbagai bentuk di antaranya, peningkatan sarana kesehatan bagi masyarakat untuk pencegahan pandemi COVID-19 dan berupa alat pelindung diri (APD) yang disalurkan untuk tenaga medis.

Teuku Johan menjelaskan berbagai referensi yang berasal dari imbauan pemerintah digunakan sebagai dasar Pertamina MOR IV untuk menentukan bentuk bantuan yang disalurkan seperti penyemprotan disinfektan di 76 titik fasilitas umum, 20 wastafel portabel yang ditempatkan di pasar tradisional, 350 liter hand sanitizer bekerja sama dengan laboratorium Fakultas Teknik Undip disalurkan ke fasilitas umum salah satunya di armada BRT Trans Semarang.

Selain itu, sebanyak 1.000 masker kain dan 500 paket sembako telah disalurkan kepada masyarakat dan rencananya pada Senin, 11 Mei 2020 akan disalurkan 1.800 paket sembako kepada masyarakat yang berada di kawasan terdekat dengan wilayah operasi PT Pertamina (Persero) MOR IV.

“Selain bantuan tersebut, sebanyak 400 set APD telah disalurkan untuk tenaga medis di wilayah Jateng & DIY. APD tersebut disalurkan ke beberapa rumah sakit rujukan dan puskesmas terdekat dengan wilayah operasi Pertamina," jelas Johan.

Baca juga: Pertamina salurkan 200 paket APD ke Puskesmas dan RS rujukan COVID-19

Dalam penyaluran berbagai bentuk bantuan, lanjut Johan, Pertamina MOR IV turut menggandeng pelaku usaha UMKM yang tergabung dengan Mitra Binaan Pertamina MOR IV untuk dapat memproduksi barang-barang yang dibutuhkan dalam paket yang diserahkan kepada masyarakat seperti memproduksi masker kain, paket nutrisi makanan bagi tenaga medis, dan menyediakan item-item dalam paket sembako.

Bambang Tri Mulyono, pemilik usaha Bakmi Jawi Mbah Hardjo sekaligus salah satu mitra binaan Pertamina menyampaikan apresiasi terhadap langkah yang diambil Pertamina mengikutsertakan UMKM dalam penyediaan paket bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

“Menurut saya, langkah yang diambil Pertamina untuk mengikutsertakan kami pelaku UMKM sangat baik. Kami merasa terbantu untuk dapat melalui masa pandemi yang tengah terjadi saat ini," tambah Bambang.

Baca juga: Pertamina berikan 200 paket APD ke RS di Semarang

Baca juga: Pekerja Pertamina bantu masyarakat di ring 1 perusahaan

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024