Semarang (ANTARA) - Para pekerja PT Pertamina (Persero) yang berada di wilayah Marketing Operation Region IV peduli terhadap masyarakat di wilayah operasionalnya dengan berinisiatif menghimpun dana dan mendistribusikan paket Alat Pelindung Diri (APD), fasilitas cuci tangan pakai sabun (FCTPS), serta paket kesehatan lainnya kepada warga masyarakat yang berada di ring 1 perusahaan.

Ketua Serikat Pekerja Pertamina Persada IV Datuk Fachrul Razy dalam keterangan persnya di Semarang, Senin (13/4) menyampaikan keprihatinan pekerja Pertamina terhadap situasi penyebaran virus Covid-19 membuat seluruh pekerja berinisiatif untuk menyumbangkan dana pribadinya membantu masyarakat.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial sekaligus untuk meningkatkan semangat kita bersama agar musibah ini tepat terlewati”, kata Fachrul.

Pekerja Pertamina di wilayah MOR IV, katanya, telah mendistribusikan sebanyak 14 unit fasilitas cuci tangan pakai sabun (FCTPS), uang tunai senilai Rp25 juta serta 100 paket hand sanitizer, disinfektan, dan masker kepada masyarakat terdampak.

Fachrul menambahkan tim Culture Change Agent (CCA) yang menaungi pekerja usia muda juga memberikan 150 paket APD untuk tenaga medis di RSUP Dr.Kariadi, Kota Semarang.

“Saat ini pekerja kami masih terus menghimpun dana dan dalam waktu dekat akan mendistribusikan kembali bantuan-bantuan yang kami harapkan dapat membantu masyarakat. Tentunya kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga jarak sosial serta fisik untuk sementara waktu agar penyebaran virus Corona dapat berkurang," tambah Fachrul.

Baca juga: Pertamina MOR IV berikan paket APD ke awak media

Para pekerja di unit operasi seperti Fuel Terminal yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah juga melakukan hal yang sama, di antaranya Fuel Terminal yang berada di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap memberikan bantuan kepada masyarakat berupa 300 masker, 20 liter hand sanitizer, 15 paket APD, 3 tangki semprot disinfektan dan 2 unit FCTPS. Pertamina Fuel Terminal Manager Maos, Sonny Besar Indra, yang didampingi perwakilan Serikat Pekerja Pertamina Persada IV Danang Agung Saputra.

"Seluruh bantuan tersebut diberikan kepada desa yang berada di wilayah ring 1 perusahaan. Ini bagian upaya kami membantu pemerintahan daerah untuk mengurangi penyebaran COVID-19," kata Sonny.

Baca juga: Bantu tangani COVID-19, Pertamina serahkan satu unit ambulans kepada Pemkab Cilacap

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024