Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket barang kebutuhan pokok (Sembako) untuk membantu masyarakat khususnya ojek online (ojol), tukang becak dan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, di kawasan Manahan Solo, Rabu.

Pada kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket sembako langsung dipimpin oleh Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai yang turun ke lapangan mendatangi pangkalan ojol dan tukang becak di Jalan Adi Sucipta Manahan Kecamatan Banjarsari Solo.

Kapolresta bersama jajarannnya mendatangi langsung ke pangkalan ojol dan tukang becak serta mereka diminta tidak bergerak dari tempat dimana mereka mangkal, hal itu, untuk menghindari kerumunan massa atau tetap menjaga jarak.

Andy Rifai berharap ada 100 paket barang kebutuhan pokok yang terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir dan lainnya dapat meringankan beban mereka yang terdampak.

Polres Kota Surakarta melaksanakan baksos ada lima titik, yakni depan Stasiun Balapan Solo untuk tukang becak, Jajar Laweyan (ojek pangkalan), depan Stasiun Balapan (karyawan yang dirumahkan), Jalan Sriguting 8 RT 07 RW 11 Banjarsari (warga miskin), dan Jalan Adi Sucipto Manahan (ojol/tulkang becak).

Selain itu, kata Andy Rifai, setiap Polsek seperti Banjarsari, Laweyan, Pasar Kliwon, Jebres, dan Serengan juga menggelar baksos dengan membagikan bantuan paket sembako kepada warga terdampak.

Kendati demikian, Andy Rifai mengimbau kepada masyarakat terutama ojek online, tukang becak dan masyarakat yang masih beraktivitas di luar rumah tetap memperhatikan aturan pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 ini.

Masyarakat khususnya ojol, tukang becak, dan masyarakat lainnya tetap menjaga jarak, kesehatan dijaga dengan pola hidup sehat, cuci tangan dengan sabun. Jangan berkerumun di satu lokasi yang berpotensi penularan COVID-19.

"Kami juga tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayah ini," katanya.

Arief (40) salah satu pengemudi ojol yang mangkal di Manahan Solo, mengatakan, bantuan paket sembako dari kepolisian ini, sangat membantu meringankan beban pada masa pandemi COVID-19.

"Pemasukan kami, saat pandemi COVID-19 ini, turun dratis dan belum bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga," kata Arief. 
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024