Pekalongan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, melalui kegiatan Operasi Keselamatan 2020 membagikan sebanyak 1.000 masker pada pengendara sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona jenis baru (COVID-19).

Kepala satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan Kota AKP Sutono di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa kegiatan Operasi Keselamatan 2020 ini sebagai langkah mewujudkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas dan peduli pentingnya menjaga kesehatan.

"Operasi Keselamatan Candi 2020 ini sebagai upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19. Oleh karena, kami mengajak masyarakat memakai masker saat akan beraktivitas di luar rumah," kata Kasatlantas Sutono usai gelar operasi, Selasa.

Baca juga: PDIP Boyolali bagikan 50.000 masker ke puskesmas dan RS

Ia mengatakan pada kegiatan operasi tersebut, polres menggandeng duta mas dan mbak, duta lalu lintas, dan punokawan untuk membagikan seribu masker pada masyarakat atau pengendara sepeda motor di sejumlah titik jalan raya.

"Pada operasi tersebut tidak dilakukan tilang namun bersifat imbauan bagi pengendara agar tertib mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan bersama dan wajib menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah guna mencegah pandemi COVID-19," katanya.

Puluhan petugas gabungan dari satuan tugas (Satgas) preventif, serta Dinas Perhubungan Kota Pekalongan tampak sibuk membagikan makanan kecil dan memberikan masker kepada masyarakat, serta mengkampanyekan pada warga agar mengurangi aktivitas keluar rumah.

"Kami mengajak kepada masyarakat benar-benar mengurangi aktivitas di luar yang tidak penting. Patuhi anjuran pemerintah karena semua ini demi keselamatan dan kesehatan bersama," katanya.

Baca juga: Kampung isolasi mandiri di Batang dapat bantuan beras, sabun, dan masker
Baca juga: 1.500 masker dibagikan komunitas kendaraan wisata di Borobudur

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024