Magelang (ANTARA) - Kota Magelang menargetkan masuk tiga besar Pekan Olahraga Wilayah Kedu Pekalongan Banyumas (Porwil Dulongmas) yang akan digelar pada November 2020.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang Budi Cahyadi di Magelang, Kamis, mengatakan Kota Magelang ingin mengulang sukses prestasi pada ajang itu seperti halnya saat 2015.

“Kami menargetkan paling tidak masuk tiga besar atau mempertahankan peringkat seperti prestasi pada Porwil Dulongmas 2015 lalu, yakni berada di urutan kedua," katanya.

Pada 2015, kontingen Kota Magelang berada di posisi kedua dengan perolehan 74 medali emas dan 49 perunggu, sedangkan  Banyumas di posisi teratas.

Budi mengaku telah membentuk tim bayangan kontingen Kota Magelang sebagai persiapan sebelum terjun ke ajang olahraga tersebut. Beberapa cabang olahraga yang dijagokan Kota Magelang menyumbang medali, antara lain tarung derajat, senam, tinju, selam, menembak, arung jeram, dan bela diri.

"Kami juga telah mengirimkan sejumlah atlet yang dipersiapkan untuk mengikuti Porwil Dulongmas ke ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) antarwilayah di Kabupaten Wonosobo," katanya.

Sejumlah fasilitas yang sudah ada di kawasan Gelora Sanden menjadi keuntungan tersendiri karena menjadi arena berlatih para altet.

Ia ingin mengoptimalkan sarana Gelora Sanden, termasuk mengoptimalkan anggaran yang diberikan Pemkot Magelang.

"Adanya 'sport center' di Sanden kita akan menggunakan dengan semaksimal mungkin, fasilitas yang ada, baik yang sudah ada ataupun yang sedang dibangun," tuturnya.

Baca juga: Jelang Porwil Dulongmas, KONI Magelang butuh tambahan dana

Ketua KONI Jawa Tengah Subroto dalam sambutan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan KONI Kota Magelang masa bakti 2018-2020 di Borobudur Internasional Golf and Convention Magelang, mengharapkan KONI setempat meningkatkan prestasi olahraga.

Melalui Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah di Kota Solo, beberapa waktu lalu, katanya, kontingen Kota Magelang berada di peringkat 13.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyatakan antusias mendukung kemajukan olahraga, antara lain melalui pembangunan fasilitas-fasilitas olahraga berstandar nasional, yakni Stadion dr Moch Soebroto, Samapta Aquatic Stadium, Lapangan Tenis Moncer Serius, dan GOR Samapta.

"Saya berharap dengan adanya 'sport center' itu, dapat melahirkan generasi-generasi olahraga berprestasi," katanya dalam sambutan tertulis acara itu yang dibacakan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Magelang Taufiq Nurbakin.

Ia juga berharap, jalinan kerja sama yang baik antara Pemkot Magelang dan KONI menjadi wujud komitmen bersama dalam meletakkan fondasi kuat untuk mewujudkan kemajuan olahraga.

Selain itu, katanya, agar talenta-talenta olahrga Kota Magelang dapat termonitor dan dikembangkan dengan baik. (hms)

Baca juga: Kota Magelang siap berlaga pada Porwil Dulongmas
Baca juga: 3.131 Atlet Ikuti Porwil Dulongmas
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024