Banjarnegara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada tahun 2020 ini terus meningkatkan sosialisasi mengenai rumah pintar pemilu dengan menyasar para pemilih pemula yang ada di wilayah setempat.

"Kami terus meningkatkan sosialisasi rumah pintar pemilu kepada pemilih pemula dan juga pra-pemilih," kata Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara M Syarif SW di Banjarnegara, Senin.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga terus meningkatkan sosialisasi ke komunitas-komunitas yang ada di wilayah itu.

Baca juga: DPR siap fasilitasi pendirian rumah pintar di Pekalongan

Dia mengatakan tujuan dari pendirian rumah pintar pemilu adalah untuk mengenalkan tentang kepemiluan dan demokrasi sejak dini ke masyarakat.

"Rumah pintar pemilu yang ada di KPU Banjarnegara ini merupakan media pendidikan pemilih untuk masyarakat khususnya pemilih pemula dan bahkan pra-pemilih," katanya.

Dengan adanya pendidikan pemilih yang intensif, kata dia, maka diharapkan akan membuat masyarakat makin cerdas dan melek politik.

Karena itu, pihaknya akan terus meningkatkan sosialisasi dan mengundang masyarakat khususnya para pelajar untuk datang ke rumah pintar pemilu.

Sementara itu dia menjelaskan bahwa ada tiga ruangan dalam rumah pintar pemilu KPU Banjarnegara.

"Pertama yakni ruang 'display' yang menyediakan data grafis sejarah KPU, pemilu dan hasil-hasil pemilu. Ada juga beberapa materi sosialisasi pemilu dan pilkada," katanya.

Kedua adalah ruang simulasi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan berbagai perlengkapan kepemiluan.

Ketiga adalah ruang audio visual yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan dokumentasi dan juga film dokumenter sejarah pemilu, sejarah KPU dan materi sosialisasi pemilu dalam bentuk audio visual.

Baca juga: Sosialisasikan rumah pintar, KPU Banjarnegara datangi sejumlah kampus


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024