Banjarnegara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara tengah mengintensifkan sosialisasi tentang rumah pintar pemilu ke sejumlah kampus yang ada di wilayah setempat.

"Kemarin kami baru saja mendatangi kampus STAI Tanhibul Ghofilin dan dalam waktu dekat kami akan mengunjungi STIMIK Tunas Bangsa," kata Anggota KPU Banjarnegara, Khuswatun Khasanah di Banjarnegara, Jateng, Jumat.

Dia menjelaskan, kunjungan ke STIMIK Tunas Bangsa akan berlangsung pada 2 Desember 2019 mendatang.

Baca juga: KPU Banjarnegara optimalkan keberadaan rumah pintar pemilu

"Menurut rencana kunjungan tersebut merupakan yang terakhir untuk periode tahun 2019 ini," katanya.

Dia mengatakan salah satu agenda kunjungan adalah audiensi dengan para mahasiswa terkait dengan demokrasi dan kepemiluan.

"Kami juga menyosialisasikan keberadaan rumah pintar pemilu dan mengajak para mahasiswa untuk datang berkunjung," katanya.

Dia berharap dengan sosialisasi yang intensif maka informasi mengenai keberadaan rumah pintar pemilu akan dapat tersebar luas ke seluruh masyarakat di wilayah setempat.

"Kami juga berharap makin banyak mahasiswa-mahasiswa termasuk para pelajar di wilayah Banjarnegara yang memanfaatkan keberadaan rumah pintar pemilu," katanya.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara, M Syarif mengatakan rumah pintar pemilu merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU Banjarnegara untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat.

"Selain itu juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan," katanya.

Dia menambahkan, ada tiga ruangan dalam rumah pintar pemilu KPU Banjarnegara.

"Pertama yakni ruang 'display' yang menyediakan data grafis sejarah KPU, pemilu dan hasil-hasil pemilu. Ada juga beberapa materi sosialisasi pemilu dan pilkada," katanya.

Kedua, tambah dia, ruang simulasi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan berbagai perlengkapan kepemiluan.

Ketiga, tambah dia, adalah ruang audio visual yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menyaksikan dokumentasi dan juga film dokumenter sejarah pemilu, sejarah KPU dan materi sosialisasi pemilu dalam bentuk audio visual.

Baca juga: KPU Banjarnegara gencar sosialisasikan rumah pintar pemilu
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024