Pekalongan (ANTARA) - Puluhan anggota Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, melakukan tes urine sebagai upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya (narkoba), di mapolres setempat, Kamis.

Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez mengatakan bahwa tes urine ini merupakan bagian dari kegiatan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (gaktibplin) yang rutin dilaksanakan oleh bagian Propam Polresta terhadap seluruh anggota.

"Gaktibplin ini difokuskan pada antisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat barbahaya. Kegiatan diikuti oleh 25 personel," katanya.

Rangkaian pelaksanaan tes urine ini, kata dia, diawali dengan presensi (kehadiran) oleh anggota yang diperintahkan untuk menjalani tes urine.

Baca juga: Selama sepekan, Polres Pekalongan Kota bekuk lima tersangka narkoba

Selanjutnya, pengambilan sampel urine yang diawasi oleh anggota provos setempat.

Kapolres menjelaskan bahwa pengecekan atau pemeriksaan sampel urine menggunakan alat jenis elisa test oleh anggota Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Polresta disaksikan Kasi Propam dan anggotanya.

Ia mengatakan bahwa pengecekan atau hasil tes urine dalam hitungan menit dapat langsung diketahui apakah yang bersangkutan mengonsumsi narkoba atau tidak.

"Hasil pemeriksaan sampel urine yang diambil dari 25 anggota, semuanya dinyatakan negatif atau tidak ditemukan yang menggunakan narkoba," katanya yang didampingi Kepala Subbagian Humas AKP Suparji.

Baca juga: Dua tersangka narkoba diringkus personel Polres Pekalongan Kota

Pewarta : Kutnadi
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024