Batang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengajak para generasi muda peduli terhadap gerakan penghijauan dan lingkungan sebagai upaya menjaga keseimbangan alam.

"Oleh karena, pada kegiatan gerakan serentak tanam pohon ini, kami perintahkan setiap personel minimal menanam satu bibit pohon. Gerakan ini, sekaligus mengajak generasi muda ikut peduli melakukan hal yang sama dan peduli terhadap penghijauan," katanya Kapolres Sinulingga di Batang, Jawa Tengah, Jumat.

Pada kegiatan tanam pohon secara serentak ini, Polres Batang menanam sebanyak 2.100 bibit pohon terdiri atas cemara dan bakau di sepanjang pantai Muara Rejo, Kecamatan Batang.

Baca juga: Peduli penghijauan, Polres Cilacap tanam 600 bibit pohon secara serentak

Ia mengatakan kegiatan gerakan tanam bibit pohon ini sebagai langkah antisipasi dan meminimalisasi bencana alam, apalgi wilayah Kabupaten Batang memiliki wilayah pesisir dan pegunungan.

Wilayah pesisir dan pegunungan, kata dia, memiliki potensi rawan bencana seperti banjir dan longsor sehingga gerakan penghijauan sangat diperlukan.

"Kami berharap gerakan penghijauan ini harus dilakukan berkelanjutan dan berkesinambungan, bukan sekadar seremonial agar wilayah disini lebih kelihatan sejuk dan sebagai upaya mengantisipasi bencana," katanya.

Kapolres memerintahkan pada para kapolsek dan kasat polair menjaga dan merawat pertumbuhan bibit pohon yang baru ditanam sebanyak 2.100 pohon itu agar tumbuh subur.

"Dua tahun yang lalu kegiatan penanaman tanam ini juga sudah dilakukan oleh polres di wilayah atas yaitu Desa Pranten. Dari kegiatan di Desa Pranten, Kecamatan Bawang itu, kini sedikitnya 70 persen dari 10 ribu bibit pohon yang ditanam sudah tumbuh subur," katanya.

Baca juga: 1.000 bibit pohon hijaukan Mapolres Wonosobo
Baca juga: Pemprov Jawa Tengah dorong kabupaten/kota galakkan penghijauan

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024