Purwokerto (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Jawa Tengah, menyiagakan tim reaksi cepat menjelang malam pergantian tahun guna mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana.

"Kami menyiagakan personel tim reaksi cepat yang akan bertugas menjelang malam pergantian tahun guna mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Ariono Poerwanto di Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Dia menambahkan, BPBD Banyumas juga menyiagakan posko yang berlokasi di kantor BPBD Banyumas.

Baca juga: Presiden Jokowi bermalam Tahun Baru 2020 di Yogyakarta

"Bagi warga yang memiliki informasi kebencanaan dapat menghubungi posko BPBD Banyumas yang akan siaga selama 24 jam," katanya.

Selain itu, dia juga mengimbau warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan mengingat Banyumas berpotensi hujan lebat pada malam pergantian tahun.

"Berdasarkan prakiraan cuaca Banyumas berpotensi hujan pada malam pergantian tahun dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi," katanya.

Potensi hujan, kata dia, makin meningkat pada malam hari.

"Karena itu kami mengimbau seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan tetap meningkatkan kewaspadaan terutama bagi mereka yang ingin merayakan tahun baru di tempat terbuka, terutama bila turun hujan disertai petir dan angin kencang," katanya.

Dia mengatakan, hujan yang disertai angin kencang dikhawatirkan memicu pohon tumbang, atap rumah rusak dan kejadian lainnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie mengingatkan bahwa Kabupaten Banyumas akan memasuki puncak musim hujan pada bulan Januari hingga Februari 2020.

"Puncak musim hujan berlangsung pada Januari hingga Februari tahun 2020 sehingga masyarakat masih harus terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem," katanya.

Sementara itu, dia menambahkan, sejak akhir September 2019 sebagian wilayah di Kabupaten Banyumas sudah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Baca juga: Pasha Ungu meriahkan malam tahun baru di Magelang
Baca juga: Hujan bakal guyur Kota Semarang saat malam pergantian tahun


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024