Temanggung (ANTARA) - Sebanyak lima pejabat Eselon II di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendaftarkan diri sebagai calon Sekertaris Daerah Kabupaten Temanggung, kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Temanggung, Teguh Suryanto.

Teguh di Temanggung, Jumat, menyebutkan mereka adalah Asisten II Sekda Temanggung Heri Agung Prabowo, Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung Bagus Panuntun, Kepala Disnaker Kabupaten Temanggung Agus Sarwono.

Kemudian Kepala Satpol PP dan Damkar Kamupaten Temanggung Agus Munadi, dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung Suminar Budi Setiawan.

"Kelimanya telah mendaftarkan sebagai calon Sekda Temanggung dan hari ini adalah hari terahir pendaftaran," katanya.

Menurut dia, kelima calon tersebut memang telah memenuhi syarat administrasi dan akan segera dilakukan seleksi oleh Panitia Seleksi (pansel) yang telah ditetapkan oleh Bupati Temanggung M Al Khadzik beberapa waktu lalu.

"Panselnya memang masih sama dengan tahap pertama. Karena seleksi kali ini merupakan satu kesatuan dengan seleksi sekda yang sempat gagal kemarin," kata Teguh.

Ia menyampaikan karena masih satu kesatuan, dua pendaftar calon Sekda yang lolos administrasi pada seleksi sekda sebelumnya juga akan diundang untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya. 

Dua calon sekda yang lolos pada seleksi sebelumnya yakni Sih Widiyanto (Pejabat Fungsional Setda Wonosobo) dan One Andang Wardoyo (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo yang saat ini telah menjabat Sekda Wonosobo).

"Keduanya akan diundang dan kembali ditanya apakan masih ingin melanjutkan seleksi atau tidak. Semuanya dikembalikan kepada mereka," katanya.

Tahapan selanjutnya, katanya ada pembuatan makalah yang temanya ditentukan oleh pansel dan juga ada wawancara.

Setelah melewati tahapan tersebut maka Pansel akan menentukan tiga besar calon sekda yang akan diserahkan kepada Bupati Temanggung. 

"Nanti bupati yang akan memilih dan mengonsultasikann kepada Gubernur untuk menentukan sekda definitif," katanya.

Berdasarkan keputusan Bupati Temanggung nomor 800. 22/201/2019, tanggal 21 Februari 2019 telah ditetapkaqn lima panitia seleksi Sekda yang diketuai oleh Eni Zuhriyah yang merupakan akademisi Universitas Muhammadiyah Magelang, kemudian Luluk Ifadah (Akademisi STAINU Temanggung), Sri Purwanti (tokoh masyarakat), Anjaswari Dewi (Kepala BKN Kanreg 1 Yogyakarta), dan Herru Setiadhie (Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah). 

Baca juga: Pemkab Temanggung kembali buka pendaftaran calon sekda

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024