Kudus (ANTARA) - Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kudus, Jawa Tengah, turut memperkenalkan program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakat lewat kegiatan bersih-bersih masjid yang merupakan bagian dari program "employee volunteering" atau sukarela karyawan.

Salah satu masjid yang menjadi sasaran program "employee volunteering" hari ini (20/12), yakni Masjid Jami Al-Fattah Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kudus, Ishak di Kudus, Jumat, mengatakan  kegiatan bersih-bersih masjid oleh karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang sering dipanggil BPJamsostek ini juga dibantu masyarakat setempat.

Kesempatan tersebut, lanjut dia dimanfaatkan pula untuk mengenalkan program-program BPJamsostek serta menerima konsultasi atau tanya jawab soal jaminan sosial ketenagakerjaan.

Program jaminan sosial ketenagakerjaan yang ditawarkan oleh BPJamsotek, yakni program JHT (Jaminan Hari Tua), JKM (Jaminan Kematian), JP (Jaminan Pensiun), dan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja).

Baca juga: 2020, non-ASN Pemkab Grobogan ditarget terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan, tentunya belum mengetahui program jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJamsostek tersebut," ujarnya.

Ia mengungkapkan program "employee volunteering" merupakan inisiatif karyawan yang dananya juga berasal dari hasil sumbangan mereka yang tahun ini terlaksana tiga kali kegiatan.

Kegiatan yang terbaru, yakni bersih-bersih masjid untuk menciptakan suasana tempat ibadah yang bersih dan nyaman sehingga para jamaah yang ingin beribadah bisa lebih khusyuk dan ikhlas.

Selain membersihkan masjid, kata dia para karyawan BPJamsostek juga memberikan sumbangan berupa uang hasil sumbangan para karyawan serta dalam bentuk peralatan kebersihan masjid.

Diantaranya, sapu lantai, sapu lidi, alat pel, keset, sikat lantai, sikat wc, kemoceng, cairan pembersih porselen, pengharum ruangan, kanebo, tempat sampah dan peralatan kebersihan lainnya.

Ia mengungkapkan kegiatan sosial tersebut merupakan sebagai wujud kepedulian karyawan terhadap lingkungan sosial, yang diharapkan semua dapat dipergunakan untuk kepentingan dan kemakmuran masjid.

Kegiatan tersebut, juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga dan BPJamsostek dengan masyarakat sekitar serta mengenalkan program-program perlindungan buat warga.

Pengelola Masjid Jami Al-Fattah Komar mengucapkan terima kasih kepada karyawan BPJamsostek Kudus yang ikut peduli dengan kebersihan masjid ini.

"Dengan kondisi masjid yang cukup bersih, tentunya jamaah bisa beribadah dengan khusyuk dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK kenalkan program ke ratusan RT RW se-Kecamatan Gunungpati
Baca juga: Klaim BPJS Ketenagakerjaan Kudus capai Rp194,96 miliar

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024