Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, dan Purbalingga berpotensi hujan lebat pada Rabu sore.

"Ada potensi hujan lebat di hampir seluruh wilayah di Banjarnegara, Banyumas, dan Purbalingga," kata Kepala Stasiun Geofisika, BMKG Banjarnegara  Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa (10/12).

Sejak beberapa hari terakhir terjadi peningkatan curah hujan di wilayah-wilayah tersebut.

"Potensi hujan lebat juga diprakirakan masih ada hingga beberapa hari ke depan terutama mendekati akhir Desember karena puncak musim hujan diprakirakan akan berlangsung pada Januari hingga Februari," katanya.

Dia mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena hujan lebat terkadang disertai dengan petir dan angin kencang.

"Waspadai kemungkinan cuaca ekstrem terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana," katanya.

Baca juga: Banjarnegara dan sekitarnya diprakirakan hadapi hujan lebat disertai angin

Dia mengingatkan masyarakat bahwa hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama dikhawatirkan memicu tanah longsor dan angin kencang.

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr. Indra Permanajati mengingatkan pentingnya meningkatkan sosialisasi tentang mitigasi bencana kepada masyarakat yang tinggal di lokasi rawan tanah longsor.

Indra yang merupakan koordinator bidang bencana geologi Pusat Mitigasi Bencana Unsoed tersebut, menambahkan masyarakat juga perlu didorong  mencari informasi tercepat dari internet atau aplikasi yang sudah dibuat oleh lembaga-lembaga yang menangani bencana.

Dia juga mengatakan saat ini curah hujan di sejumlah wilayah sudah mulai mengalami peningkatan.

"Langkah-langkah awal harus dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan bencana alam yang bisa terjadi. Kemungkinan bencana yang terjadi adalah bencana hidrometeorologi," katanya.

Bencana tersebut, kata dia, meliputi banjir, longsor, angin puting beliung dan lainnya karena kondisi cuaca dan peningkatan intensitas air.

Baca juga: Waspadai potensi hujan lebat di Jateng bagian selatan
Baca juga: BMKG: Curah hujan Jateng berpotensi meningkat akhir Februari 2019


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024