Rembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rembang menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) tingkat Jateng dan dalam kesempatan tersebut dilakukan pembagian sembako bantuan rehab puluhan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kegiatan yang digelar di Desa Meteseh Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang tersebut dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Meteseh Kaliori dipilih sebagai tuan rumah karena merupakan desa binaan dari Dinas Sosial Jateng dan rehabilitasi 50 unit RTLH untuk warga yang berada di Kabupaten Rembang khususnya Desa Meteseh Kecamatan Kaliori berasal dari dana CSR Bank Jateng. 

Bedah rumah menyasar sebanyak 50 unit dengan masing-masing mendapatkan alokasi sebesar Rp15 juta, sehingga total anggaran yang dikucurkan dari dana CSR Bank Jateng mencapai Rp750 juta.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengharapkan digelarnya HKSN Jateng di Rembang dapat menggugah empati terhadap kesulitan orang lain melalui aksi nyata dan selama ini kebersamaan dalam upaya membangun kesejahteraan sosial di Rembang berjalan dengan baik. 

"Tiga pilar pembangunan yaitu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat telah bersinergi dengan semangat gotong royong mewujudkan kesejahteraan sosial, sesuai peran masing-masing. Pemerintah melalui regulasi dan kebijakannya, sedangkan dunia usaha melalui tanggung jawab sosial, sementara masyarakat dengan partisipasi aktifnya," kata Abdul Hafidz.

Baca juga: Bank Jateng pemrakarsa Minum Kopi Organik yang pecahkan rekor Muri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap bantuan dalam HKSN dapat diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Di Rembang, saya pernah mewisuda PKH dan diviralkan. Ini menjadi contoh yang baik. Butuh budi pekerti yang baik, butuh tepa selira, butuh keadilan di antara kita. Adil itu tidak rata, pak. Tapi, mereka yang sudah mampu, tidak usah terima lagi,” kata Ganjar.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Rembang Aqum Salimi menambahkan bantuan RTLH merupakan wujud kepedulian perusahaan untuk masyarakat Rembang dan harapannya bantuan tersebut mampu membantu warga yang membutuhkan.

Baca juga: Bank Jateng Syariah meriahkan iB Vaganza 2019
Baca juga: Ganjar minta Bank Jateng fasilitasi homestay di Borobudur

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024