Magelang (ANTARA) - Generasi muda harus memiliki kemampuan yang baik untuk menuangkan pengetahuan dan ide dalam karya tulis guna mendukung lahirnya sumber daya manusia unggul pada masa mendatang, kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang Isa Ashari.

"Dengan membaca akan meningkatkan kualitas diri. Biasakan menuangkan pengetahuan dan ide-ide dalam karya tulis," kata dia dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang yang diterima di Magelang, Senin.

Ia mengatakan kalangan anak muda di daerah itu harus menyempatkan diri untuk membaca karena kegiatan itu bermanfaatkan untuk memperkuat kualitas diri.

Belum lama ini, Disperpusip Kota Magelang menggelar lomba penulisan artikel untuk kalangan siswa SMP/MTs sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca dan tulis generasi muda. Tercatat 70 peserta berasal dari kalangan siswa kelas VII dan VIII SMP/MTs se-Kota Magelang mengikuti ajang tersebut.

"Kegiatan itu salah satu upaya meningkatkan minat baca dan tulis generasi muda," ujar dia.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Kota Magelang gelar lomba sinopsis

Rangkaian lomba meliputi tiga tahapan, yakni pengumpulan artikel dengan tema "Berliterasi dengan Inovatif dan Kreatif di Era Digital". Tahap kedua penulisan artikel dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Wahana Berliterasi", dan tahap terakhir presentasi oleh 12 besar peserta pilihan juri.

Tim juri berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Humas Sekreratiat Daerah Kota Magelang, dan penulis asal Kota Magelang.  

Sebanyak 30 artikel terbaik akan dikumpulkan dalam bentuk buku untuk diterbitkan oleh Disperpusip Kota Magelang.

Sebanyak enam peraih juara lomba yang mendapatkan tropi kejuaraan itu, yakni Juara 1 Clara Putri Rosari M. (SMPN 1), Juara 2 Angreyni Warastika (SMPN 7), dan Juara 3 Nabila Eka Putri Sunarto (SMPN 1). JuaraHarapan 1 Audrey Tiza T (SMP Pantekosta), Juara Harapan 2 Johana Ruth Ardine (SMPN 1), dan Juara Harapan 3 Naura Rihhadul Aisy R (SMPN 4). 

Saat pengumuman dan penyerahan tropi kejuaraan beberapa waktu lalu itu, salah satu anggota juri, Papa Riyadi (Disdikbud Kota Magelang), secara simbolis juga menyerahkan dua buku hasil karyanya kepada Kepala Disperpusip Kota Magelang Isa Ashari. Buku itu disumbangkan kepada Perpustakaan Kota Magelang. (hms).

Baca juga: Disperpusip Kota Magelang kenalkan aplikasi Inlislite Versi 3
Baca juga: Gerai Disperpusip Kota Magelang ramai kunjungan

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024