Cilacap (ANTARA) - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 106 Kodim Cilacap yang saat ini tengah berlangsung di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ditarget bisa menurunkan angka kemiskinan di daerah tersebut.

Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Kav. Dani Wardana mengatakan ada banyak persoalan bangsa salah satunya tingginya angka kemiskinan dan dengan kegiatan TMMD diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan.

Pada kegiatan TMMD, TNI membangun sarana dan prasarana yang merupakan proyek fisik seperti pelebaran jalan sebagai akses masyarakat untuk menuju dari dan ke Desa Cilibang, pembangunan MCK, pembangunan tempat ibadah, sampai proyek nonfisik seperti pendidikan mental dan agama masyarakat setempat.

Kolonel Kav. Dani Wardana menjelaskan bahwa TMMD menjadi salah satu upaya untuk merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan di tengah masyarakat.

"Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah melalui TMMD akan menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat", kata Letkol Kav. Dani Wardana.

Baca juga: TMMD Kodim Cilacap gelar khitan massal

Letkol Kav. Dani Wardana menambahkan pada program TMMD di Desa Cilibang, Cilacap memfokuskan pada program penanggulangan kemiskinan di pedesaan dengan prinsip keroyokan melalui pendekatan holistic, integratif, tematik, dan spasial.

Baca juga: TMMD Kodim Cilacap genjot pembangunan fisik dan nonfisik

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024