Cilacap (ANTARA) - Pelaksanaan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (2/10) diisi dengan beragam kegiatan salah satunya khitan massal.

Satgas TMMD Reguler 106 Kodim Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto menyebutkan kegiatan khitan massal yang menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap tersebut diikuti 13 anak warga desa setempat.

"Bakti sosial khitan massal ini bertujuan membantu masyarakat yang kurang mampu, serta menciptakan kesetaraan derajat masyarakat yang ada," kata Letkol Inf Wahyo Yuniartoto.

Baca juga: TMMD Kodim Cilacap genjot pembangunan fisik dan nonfisik

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat setempat, karena mereka merasa terbantu seperti yang disampaikan Suparjo, salah satu orang tua yang anaknya ikut dalam khitan massal tersebut.

"Saya sangat bersyukur, berkat TMMD, beban kami makin ringan karena kegiatan khitan massal ini tidak dipungut biaya," kata Suparjo.

Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dari tim kesehatan, Puskesmas Jeruklegi 2 juga memberikan dukungan pembukaan TMMD Kodim Cilacap dengan menyiagakan satu unit mobil ambulance dan tim medis.

"Peserta upacara tidak hanya dari TNI, tetapi ada juga pelajar. Oleh karena itu, kami siaga jika ada peserta upacara yang sakit dan membutuhkan pertolongan," kata Harnoto, petugas dari Pukesmas Jerulegi 2.

Baca juga: Jaran Kepang hingga Marching Band SMK Sampang meriahkan pembukaan TMMD

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024