Solo (ANTARA) - PT PLN (Persero) terus meningkatkan keandalan pasukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) melalui kegiatan Bhakti PDKB di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Bhakti PDKB ini dalam rangka meningkatkan keandalan, baik itu jaringan 20 KV maupun jaringan TR (tegangan rendah, red). Dalam kesempatan ini sekaligus pemeliharaan jaringan 20 KV dalam keadaan tidak padam," kata Pelaksana Tugas (Plt) Manajer Komunikasi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY Haris di Solo, Kamis.

Ia mengatakan tim PDKB sendiri merupakan pasukan elit PLN. Tugas dari tim ini adalah melakukan pekerjaan dalam keadaan jaringan listrik tidak padam.

Baca juga: PLN bakal membangun gardu induk dukung pengembangan wisata Borobudur

"Jadi harus punya kemampuan khusus, keandalan ini harus sering dilatih salah satunya melalui kegiatan Bhakti BDKB. Termasuk memastikan keandalan jaringan 20 KV khusus ke arah VVIP, kalau di Solo kan jalur yang mengarah ke kediaman RI 1 (Presiden Joko Widodo, red). Pohon atau apapun yang menjadi hambatan dan mengakibatkan listrik padam harus diantisipasi," katanya.

Meski demikian, ia juga berupaya pelayanan yang sama diberikan kepada pelanggan umum, salah satunya masyarakat.

Sementara itu, pada upaya perbaikan dan pemeliharaan ada dua cara yang digunakan, salah satunya berjarak, yaitu dilakukan dalam kondisi bertegangan namun petugas menggunakan bantuan stik.

"Yang kedua adalah dengan cara sentuh langsung. Ini didukung dengan fasilitas mobil dan perangkatnya yang membuat pekerjanya aman. Yang seharusnya dilakukan dalam kondisi padam, ini tidak harus demikian. Pada prinsipnya PDKB merupakan komitmen PLN memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Sementara itu, pada pelayanan jalur VVIP ini PLN melengkapinya dengan posko layanan dengan melibatkan ratusan petugas yang terbagi ke dalam tiga sif.

"Dengan adanya posko ini, kediaman VVIP akan mendapat pelayanan listrik tanpa henti. Sebelumnya pelayanan di kediaman VVIP hanya dilayani dengan tiga jalur listrik tetapi setelah ada posko, totalnya ada lima jalur listrik dengan backup terakhir merupakan 'uninterruptible power supply' (UPS)," katanya.

Baca juga: Lebih murah, PLN Magelang dorong warga pasang sambungan sendiri
Baca juga: Hari Pelanggan, PLN Jateng-DIY tebar senyuman

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024