Wonosoibo (ANTARA) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo menyelesaikan sebanyak 60.000 peta bidang tanah di kabupaten tersebut untuk dijadikan sertifikat.

Kepala Kantor Pertanahan Wonosobo Bambang Respati di Wonosobo, Kamis, mengatakan bahwqa target 60.000 sertifikat gratis pada tahun 2019 untuk Kabupaten Wonosobo telah selesai dilaksanakan prosesnya oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo.

"Alhamdulillah pada bulan September ini Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo telah menyelesaikan proses 60.000 peta bidang tanah, tinggal menunggu proses untuk ditandatangani dan jadi sertifikat," katanya.

Baca juga: Sertifikasi tanah di Jateng capai 1,2 Juta bidang

Kabupaten Wonosobo pada 2019 menarget untuk menyelesaikan 60.000 sertifikat. Di tahun 2018 target Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo sebanyak 40.000 sertifikat yang semuanya telah dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Menurut dia dengan selesainya 60.000 peta bidang tanah ini menjadikan Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo berada di peringkat 9 Kantor Pertanahan di Jawa Tengah.

Ia menyampaikan semua proses ini tidak lepas dari peran aktif masyarakat, karena sumberdaya yang ada di Kantor Pertanahan Wonosobo sedikit dibanding daerah lain. Peran pemerintah daerah cukup besar dengan menggerakkan camat, lurah maupun kades untuk menyosialisasikan pelayanan tanah sistematis lengkap (PTSL).

Pada peringatan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang (Hantaru) tahun 2019 Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo melaksanakan Bulan Bakti Agraria mulai 24 September hingga 9 November 2019.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024