Cilacap (ANTARA) - Personel TNI Kodim Cilacap ikut mendampingi pemeriksaan kesehatan anak salah satunya di SD Negeri 02 Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Kegiatan ini digagas dalam pra-TMMD 106 Kodim Cilacap melalui kegiatan nonfisik untuk ikut meningkatkan status kesehatan peserta didik yang dilakasanakan melalui wadah usaha kesehatan sekolah (UKS)," kata Sertu Mulyono di sela pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan, kata Sertu Mulyono meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, pemeriksaan gigi, mulut, telinga dan mata.

Sesuai program  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap, personel TNI melakukan pendampingan Puskesmas 2 Jeruklegi dalam peningkatan derajat kesehatan peserta didik secara optimal untuk mendukung proses belajar mereka. 

Kegiatan tersebut  merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimal bidang kesehatan yang dilaksanakan di sekolah secara berkala.

Baca juga: Kasiter Korem 071/WK cek kesiapan TMMD 106 Kodim Cilacap

Tidak hanya melakukan pendampingan pemeriksaan kesehatan, dalam kesempatan tersebut Kodim Cilacap juga memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para siswa.

"Saya sengaja memanfaatkan waktu untuk mengenalkan tentang TNI kepada anak-anak, termasuk rutinitas sehari-hari, bahwa TNI itu asalnya dari rakyat dan untuk rakyat bersama-sama membangun NKRI. Selain itu, biar mereka juga mengerti, walaupun terlihat garang, tetapi tentara itu lembut hatinya dan menyayangi anak-anak," kata Serka Yatiman.

Kepala Sekolah SD Negeri 02 Cilibang Adhi Haryono mengucapkan terima kasih kepada Kodim Cilacap.

"Para guru terkesan dengan program TMMD 106 Kodim Cilacap di Desa Cilibang. Sementara secara psikologis, para bapak TNI mampu membuat suasana belajar anak menjadi menyenangkan. Anak-anak juga jadi tahu bahwa tentara tidak hanya bisa berperang, tetapi juga mengayomi dan menghibur," kata Adhi Haryono.

Baca juga: TNI Kodim Cilacap bantu masyarakat ambil air bersih
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024