Banjarnegara (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara menyosialisasikan mengenai pentingnya pola hidup bersih dan sehat termasuk kebiasaan cuci tangan guna mencegah berbagai penyakit.

"Kami bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia cabang Banjarnegara mengingatkan pentingnya cuci tangan dan membudayakan pola hidup bersih dan sehat," kata Koordinator Tim Promosi Kesehatan PMI Banjarnegara, Ismail, di Banjarnegara, Rabu.

Dia mengatakan, salah satu target sosialisasi adalah para siswa yang masih duduk di sekolah dasar di SDN 2 Lawen Banjarnegara.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini para siswa dapat membudayakan pola hidup bersih dan sehat termasuk kebiasaan cuci tangan hingga mereka dewasa nantinya.

Selain itu kami berharap mereka akan menjadi agen perubahan dan menyebarluaskan informasi tersebut kepada keluarga dan lingkungan terdekatnya," katanya.

Baca juga: Sekda: Tanamkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun

Dia mengatakan, sosialisasi mengenai pola hidup bersih dan sehat serta pentingnya kebiasaan cuci tangan merupakan wujud nyata dan upaya yang dilakukan oleh PMI dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Ini juga bentuk upaya kami mempersiapkan masyarakat yang sehat. Langkah kecil ini diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat, utamanya siswa sekolah karena mereka adalah agen masa depan," katanya.

Sementara itu, Humas PMI Banjarnegara Alwan Rifai menambahkan pihaknya akan terus melakukan optimalisasi kinerja dan peran PMI dalam berbagai hal yang berhubungan dengan pelayanan sosial kesehatan.

"Ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah dengan menyasar berbagai segmentasi. Kami berharap peran dan fungsi PMI akan lebih maksimal dan optimal sehingga semakin dekat dan dicintai oleh masyarakat," katanya.

Baca juga: ASN Kota Magelang kampanye gerakan cuci tangan
Baca juga: Tisu basah bisa untuk cuci tangan, meski tidak semaksimal menggunakan sabun


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024