Semarang (ANTARA) - Pada perayaan Iduladha 2018, kebaikan kurban Global Qurban juga menyentuh warga di kota-kota besar Indonesia. Salah satunya di Kota Semarang. Global Qurban, kala itu, telah mendistribusikan ribuan domba yang didatangkan langsung dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) Blora, Jawa Tengah.

Mundur ke belakang, setahun silam, kebahagiaan Iduladha turut dirasakan Senen (73), yang tinggal di Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah. 

Mbah Senen, sapaan akrabnya, mengaku amat senang bisa datang ke Dapur Qurban-Global Qurban Jawa Tengah karena bisa menyantap hidangan daging kurban yang diolah menjadi gulai. 

"Kemarin dapat undangan makan bersama, datang ke sini (Dapur Qurban) senang bisa makan enak. Saya di rumah sendiri, anak saya merantau semua. Saya juga senang, adanya acara ini warga Sawah Besar bisa saling bersilaturahmi," ungkap Mbah Senen saat itu.
 
Di Kelurahan Sawah Besar, Dapur Qurban-Global Qurban Jawa Tengah diselenggarakan di Lapangan Soekarno Hatta. Tanah lapang dipilih karena memiliki kemungkinan bisa menampung ratusan warga. 

Mereka yang datang membawa keluarga tidak harus khawatir bakal kehabisan tempat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Cabang Global Qurban Jawa Tengah Sri Suroto. 

“Alhamdulillah,  Dapur Qurban di Kelurahan Sawah Besar berhasil mengolah daging kurban yang terdiri dari 14 ekor domba menjadi 500 gulai. Gulai sendiri merupakan masakan khas Kota Semarang. Kami berharap, warga bisa merasakan nikmatnya makan bersama,” papar Sri Suroto pada Iduladha 2018 lalu.

Kehadiran Dapur Qurban, kata Sri, memang menjadi pengalaman baru bagi warga Sawah Besar. Bahkan sebagian warga menganggap, Dapur Qurban bisa menjadi solusi yang efisien karena mereka tidak perlu mengolahnya sendiri. 

"Dapur Qurban hadir untuk pertama kali pada Iduladha 2018. Kami meyakini, Dapur Qurban menjadi salah satu solusi bagi pemerataan distribusi daging kurban," terang Sri. 

Terdata secara keseluruhan, pada Iduladha 2018, Global Qurban Jawa Tengah telah mendistribusikan 2.200 ekor domba ke 35 kabupaten/kota di seantero Jawa Tengah. Ratusan ekor domba tersebut didatangkan langsung dari Lumbung Ternak Wakaf-Global Wakaf di Blora yang juga diinisiasi ACT.

Pada iduladha 1440 H kali ini, Global Qurban kembali mengajak sahabat dermawan untuk kembali berkurban. 

Smapai sejauh ini, Tim ACT sudah mempersiapkan beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah sebagai lokasi pendistriusian daging kurban. 

Siap berkurban? Sahabat dapat menunaikan kemudahan berkurban bersama ACT melalui tautan bit.ly/GlobalQurban2019. (KSM)
 

Pewarta : ACT
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024