Jakarta (ANTARA) - Manchester City telah merampungkan transfer gelandang tengah asal Spanyol Rodri dari Atletico Madrid pada Kamis (4/7). Pemain berusia 23 tahun itu dilaporkan sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Transfer ini membuat Rodri menjadi pemain baru kedua yang didatangkan oleh juara Liga Inggris tersebut pada musim panas ini setelah Angelino dari PSV.

Gelandang bertahan Spanyol tersebut telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu pemain dengan prospek paling cerah di Eropa.

Setelah bergabung, Rodri juga tidak lupa mengungkapkan kekagumannya pada klub yang diyakininya bisa menjadi tempat sempurna untuk melanjutkan perkembangannya.

"Apa yang telah dicapai City dalam dua tahun terakhir ini luar biasa dan saya tak sabar untuk menjadi bagian dari skuat yang sangat berbakat," katanya dalam sebuah pernyataan di website resmi klub.

“Bukan hanya gelar yang telah mereka menangkan, tetapi cara mereka bermain sepak bola menyerang setiap saat. Ini adalah gaya permainan yang membuat saya bersemangat, seperti halnya ambisi Klub."

"Saya tidak sabar untuk mulai bekerja dengan (pelatih) Pep Guardiola dan rekan setim baru saya dan mudah-mudahan kita dapat mencapai hal-hal besar bersama."

Baca juga: City kembali hadirkan Angelino dari PSV Eindhoven

Direktur sepak bola City Txiki Begiristain mengatakan bahwa Rodri memiliki semua yang klub butuhkan untuk mempertahankan atau bahkan melampaui prestasi musim lalu.

“Rodri telah membuktikan dirinya sebagai gelandang muda yang sangat berbakat, yang memiliki semua atribut yang kami cari,“ ujar Begiristain.

"Dia bekerja keras saat bertahan, membuat dirinya terbuka untuk menerima bola dan memanfaatkannya dengan baik saat menguasai bola."

"Ia sangat cocok untuk tim Pep Guardiola dan kami yakin ia akan sukses."

Bernama lengkap Rodrigo Hernandez Cascante, pemain teranyar City tersebut adalah jebolan akademi Atletico Madrid sebelum pindah ke Villarreal pada 2013.

Karier sepak bola seniornya dimulai pada Desember 2015 saat berusia 19 tahun dan sejak itu ia mencatatkan penampilan 84 kali untuk klub berjuluk kapal selam kuning itu.

Penampilannya yang brilian membuat klub masa kecilnya, Atletico Madrid memulangkannya dengan nilai transfer 20 juta poundsterling (sekitar Rp355 miliar) dan sejak itu reputasinya semakin meningkat.

Rodri telah membantu Atletico Madrid mengangkat Piala Super UEFA 2018 dan kemudian bermain 47 kali, mencetak tiga gol saat klub kota kelahirannya itu menempati urutan kedua di La Liga musim lalu.

Sedangkan di tingkat internasional, ia telah mencatatkan enam pertandingan untuk timnas Spanyol dan merupakan bagian dari skuat U19 yang memenangkan Kejuaraan Eropa 2015.

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024