Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mendorong Dharma Wanita Persatuan (DWP) daerah itu meningkatkan kapasitas guna memperkuat peranan dalam pemberdayaan perempuan, keluarga, dan masyarakat.

"Bila perlu, lahirkan berbagai kreasi dan inovasi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman, agar kegiatan DWP Kota Magelang dapat menjadi 'role model' bagi organisasi wanita lain di kota ini," katanya dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Wali Kota Windarti Agustina pada acara halalbihalal DWP Kota Magelang di Magelang, Rabu (26/6).

Sigit menekankan kegiatan Dharma Wanita tidak menjadi rutinitas dan kewajiban belaka, namun kegiatan yang selalu dinanti-nantikan seluruh anggota.
 
Ia juga mengajak seluruh pengurus maupun anggota DWP Kota Magelang merefleksikan kiprah dan kontribusinya bagi pemerintah dan masyarakat setempat.

Sebagai organisasi para istri aparatur sipil negara (ASN), katanya, mereka memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan melalui peningkatan pemberdayaan perempuan, keluarga, dan masyarakat. 

Hal tersebut, katanya, demi mewujudkan "Kota Sejuta Bunga" itu sebagai kota yang modern dan cerdas, dilandasi masyarakat yang sejahtera dan religius. 

Baca juga: Dharma Wanita Persatuan Kota Magelang selenggarakan halalbihalal

Ia mengharapkan mereka semakin mantap menapaki peran membina anggota, mempererat persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

"Yang penting juga meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota, agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan, berkepribadian, serta berbudi pekerti luhur," katanya.

Ketua Panitia Halalbihalal DWP Kota Magelang Hastuti Sri Suharso mengatakan kegiatan itu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mempererat silaturahim antarpengurus dan seluruh anggota.

Sebagai organisasi perempuan, DWP Kota Magelang berkomitmen mendampingi program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Berbagai kegiatan DWP telah dilakukan, khususnya menjelang Lebaran 2019 lalu, di antaranya pengumpulan pakaian pantas pakai untuk dijual, sedangkan hasilnya disumbangkan kepada keluarga kurang mampu dan pembagian paket sembako.

Pada halalbihalal tersebut, pihaknya menghadirkan pakar kesehatan holistik dr Medi Wirawan Sarjana untuk menyampaikan materi tentang kesehatan tubuh dan makanan sesuai anjuran Al Quran.  (hms).

Baca juga: Kumpulkan zakat, DWP Kota Megelang gerakkan anggotanya
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024