Boyolali (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menargetkan objek wisata Umbul Pengging dapat memberi pemasukan kas daerah Rp300 juta pada 2019.

"Umbul Pengging di Kecamatan Banyudono merupakan tempat sejarah peninggalan Paku Buwono X," kata Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali Wiwis Trisiwi Hadayani usai Tradisi Padusan 2019 menyambut Ramadhan di Umbul Pengging Boyolali, Sabtu.

Tradisi padusan atau membersihkan diri baik rohani maupun jasmani tersebut untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Masyarakat Pengging gembira menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan menyucikan diri mandi di sumber mata air Umbul Pengging.

Menurut Wiwis Trisiwi Hadayani, target pendapatan tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak Rp280 juta.

"Kami berharap dengan kegiatan upacara tradisi Padusan di Umbul Pengging ini, dengan dikemas baik dapat mendorong peningkatan jumlah pengunjung di objek wisata sumber yang bening ini," kata Wiwis.

Wiwis mengatakan pendapatan objek wisata Umbul Pengging hingga awal Mei ini realisasinya mencapai 25 persen dari yang ditargetkan tahun ini.

"Kami berharap dengan tradisi padusan ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Kami perkirakan selama dua hari ke depan jumlah pengunjung mencapai sekitar 8.000 orang," katanya.
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024